PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG (STUDI PADA KOPI TEKO DI GONDANGLEGI MALANG)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampengaruh Store Atmosphere, kualitas produk, dan kualitas layanan terhadap keinginan konsumen untuk melakukan pembelian kembali di Kopi Teko, Gondanglegi, Malang. Pendekatan yang diambil dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah para pelanggan yang pernah mengunjungi atau membeli produk di Kopi TEKO di Gondanglegi, Malang. Penelitian ini menggunakan metode sampel Non Probability dengan pendekatan purposive sampling. Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Ferdinand pada tahun 2014, jumlah sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah sebanyak 105 responden. Untuk menganalisis data, digunakan teknik analisis regresi linier berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, secara terpisah, variabel Store Atmosphere dan mutu produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli ulang, sedangkan variabel mutu layanan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap minat beli ulang. Namun, ketika dianalisis secara bersamaan, Store Atmosphere, mutu produk, dan mutu layanan terbukti memiliki dampak signifikan terhadap minat beli ulang.
Article Details
References
Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Berman, B. R., & Evans, J. R. (2012). Retail Management: A Strategic Approach (13th Edition). In Pearson. https://doi.org/10.1520/GTJ103256
Faradiba, & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 2(3), 1–11.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. (: Badan Penerbit Universitas Diponegoro (ed.)).
Han, S., Ham, S. (Sunny), Yang, I., & Baek, S. (2012). Passenger’s Perceptions of Airline Lounges: Importance of Attributes that Determine Usage and Service Quality Measurement. Tourism Management, 33(5).
Hendarsono, G., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Experiental Marketing terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–8.
Heryani, Y. Y. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Pembelian Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Bengkel Andoyo Motor Yogyakarta. Jurnal Publikasi UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, 1–119.
Huang, Ying-Fang Dang, H. S. (2014). An Empirical Analysis on Purchase Intention on Coffee Beverage in Taiwan. European Journal of Business and ManagementOnline), 6(36), 2222–2839.
Isniah, S., Septiadi, R., & Susmita, A. (2020). The influences of product quality, price and service quality to increase consumer satisfaction of Dorayaki product at CV Abe Seika. Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering, 12(2), 263. https://doi.org/10.22441/oe.2020.v12.i2.012
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 1. In Prinsip-Prinsip Pemasaran.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing 16e. Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (S. Wal (ed.); 15E ed.).
Kristiana, M. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 01(01), 113–117.
Listyoningrum, A., & Albari, A. (2012). Analisis Minat Beli Konsumen Muslim Terhadap Produk Yang Tidak Diperpanjang Sertifikat Halalnya. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 2(1), 40–51.
Maulidia Isna, S., Rachman, N., & Slamet rahmat, A. (2019). Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Fashion Raisya Bandar Lampung. E- Jurnal Riset Manajemen, 8, 64–76.
Meldarianda, R., & Henky Lisan. (2010). Store Atmosphere. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 17(2), 97–108.
Miranthi, A., & Idris. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan, dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada penumpang New Atlas Taksi Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 1–8.
Oktavia, V. (2020). Analisis Pengaruh Kulaitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Tokopi Restoran Palembang). Jurnal Publikasi STIE MDP.
Palma, M. A., & Andjarwati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Produk Fashion Melalui Toko online di Surabaya). Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 84. https://doi.org/10.17970/jrem.16.60106.id
Peter, P., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy (Ninth). McGraw Hill.
Putri, L. (2014). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(2), 9.
Sembiring, Suharyono, & Kusumawati. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1).
Simamora, H. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN Yogyakarta.
Sinambela, R. Y. P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Portobello Café Semarang ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–10.
Sugiyono, P. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, CV.
Sukmaningtyas, M., & Rulirianto. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Store Atmosphere (Store Atmosphere) Terhadap Keputusan Pembelian Di Warkop Brewok II Kota Malang. Aplikasi Bisnis, 5(1), 282–285. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/323
Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa–Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction. In Edisi 4.
Toffin, & Majalah MIX. (2019). 2020 Brewing in Indonesia: Insights for Successful Coffee Shop Business. 59.