PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Food and Beverage Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022)
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ukuran perusahaan, profitabilitas, dan tingkat pertumbuhan mempengaruhi nilainya. Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI yang secara rutin diklasifikasikan sebagai perusahaan makanan dan minuman selama jangka waktu 2020-2022 menjadi populasi penelitian. Total ada tiga puluh perusahaan yang terwakili. Saat ini hanya terdapat 19 organisasi dari seluruh populasi yang dapat dijadikan subjek penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Nilai perusahaan sangat dipengaruhi oleh ukuran, profitabilitas, dan tingkat pertumbuhannya, menurut hasilnya. Temuan ini diambil dari studi kasus perusahaan makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2020 hingga 2022. Tidak ada korelasi langsung antara nilai perusahaan dan tingkat ekspansinya, menurut penelitian “Pertumbuhan Perusahaan dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan: Studi Kasus Perusahaan Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020 hingga 2022.” Profitabilitas suatu perusahaan Studi kasus perusahaan makanan dan minuman yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2020 dan 2022 menunjukkan bahwa faktor ini berpengaruh signifikan terhadap nilainya. Nilai suatu perusahaan dipengaruhi secara signifikan oleh ukurannya. (Studi Kasus Pada Perusahaan Food and Beverage Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022).
Article Details
References
Agustiningsih, C. A. W. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 494–512.
Anugerah, K. H. G., & Suryanawa, I. K. (2019). Pengaruh leverage dan ukuran perusaaan pada nilai perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 26(3), 2324-2352.
Dewantari, N. L. S., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages Di Bei. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Perusahaan, 1(2), 74. https://doi.org/10.23887/pjmb.v1i2.23157
Harfani, A. N., & Nurdiansyah, D. H. (2021). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 5(1), 497–505. https://doi.org/10.31539/costing.v5i1.2818
Hendraliany, S. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Deviden Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2017). Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1), 47–58.
Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: PT Grasindo.
Himawan, H. M. (2020). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate yang go public di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(1).
Maulidina, R. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ-45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2018. Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.
Natasya, P., & T.Y, R. L. (2023). Perusahaan sektor transportasi: apakah ada pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham sebelum dan saat pandemi Covid 19? Pendahuluan Pergerakan transportasi umumnya digunakan sebagai alat, perlengkapan, dan infrastruktur pendukung yang memudahkan. Gema Wiralodra, 14(1), 38–49.
Nugroho, A., Indriyatni, L., & Widodo, U. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Perusahaan & Akuntansi (EMBA), 1(2), 165–172.
Noordiatmoko, D., Tinggi, S., & Tribuana, I. E. (2020). Analisis Rasio Profitabilitas Sebagai Alat Ukur Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Pt Mayora Indah Tbk, Periode 2014-2018. Jurnal Parameter, 5(4), 38–51.
Putra, I. W., Mangantar, M., & Untu, V. N. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Perusahaan Dan Akuntansi, 9(2)
Rachmadani, F. A. A., & Nursiam, N. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2019-2021). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(4), 4092–4101.
Rivandi, M., & Petra, B. A. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2571–2580.
Santoso, B. A., & Junaeni, I. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Owner, 6(2), 1597–1609. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.795
Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian perusahaan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 87.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Perusahaan untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Sekarrini, I. Y., & Gazali, M. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Subsektor Makanan Dan Minuman Periode 2017-2021. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4).
suwardika dan mustanda. (2017). Fakultas Ekonomi dan Perusahaan Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Umumnya suatu perusahaan akan selalu berusaha untuk mencapai tujuannya , baik tujuan jangka panjang misalnya mampu meningkatkan nilai perusahaan dan mensejahterakan pemegang saham. 6(3), 1248–1277.
Suzulia, M. T., Sudjono, and A., & Saluy, B. (2020). The Effect Of Capital Structure, Company Growth, And Inflation On Firm Value With Profitability As Intervening Variable (Study On Manufacturing Companies Listed On Bei Period 2014 - 2018). Journal Administrasi Perusahaan, 1(1), 2721–3021.
Topani Suzulia, M., & Badawi Saluy, A. (2020). The Effect Of Capital Structure, Company Growth, And Inflation On Firm Value With Profitability As Intervening Variable (Study On Manufacturing Companies Listed On Bei Period 2014-2018). 1(1). https://doi.org/10.38035/DIJEFA. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 494–512.
Wahyuningrum, A. D., & Sunarto, S. (2023). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 6(1), 122–136.