PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. MAXIMA GLOBAL MALANG
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK : Persaingan di Indonesia semakin meningkat karena penjualan di negara ini tumbuh lebih cepat. Namun, masih ada permintaan dari pelanggan dalam jumlah tertentu. Oleh karena itu, meskipun tidak mengabaikan tugas-tugas bisnis lainnya, fungsi pemasaran kini memegang peranan yang semakin besar dalam operasi perusahaan. Semua bisnis, bahkan yang bergerak dalam penjualan produk, dapat memperoleh manfaat dari penggunaan strategi pemasaran berdasarkan analisis bauran pemasaran. Empat faktor yang membentuk bauran pemasaran: sistem distribusi, struktur harga, produk, dan aktivitas promosi. Karena keempat komponen bauran pemasaran saling bergantung dan berdampak satu sama lain, maka perlu dilakukan upaya untuk mengembangkan strategi pemasaran yang meningkatkan kepuasan pelanggan dan keberhasilan layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bauran pemasaran mempengaruhi kebahagiaan konsumen. Penelitian untuk penelitian ini dilakukan di CV.Maxima Global Malang. Dengan menggunakan pengambilan sampel analisis faktor, 105 responden diidentifikasi sebagai sampel, yang jumlahnya setidaknya empat atau lima kali lipat dari jumlah variabel. Kuesioner menggunakan skala likert untuk pengukurannya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan CV dipengaruhi secara bersamaan oleh produk, harga, distribusi, dan promosi. Maxima Internasional. Produk berdampak signifikan dan menguntungkan terhadap kepuasan pelanggan CV. Global Maxima Malang. Kepuasan pelanggan pada CV dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh harga. Global Maxima Malang. Kepuasan pelanggan pada CV dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh distribusi. Global Maxima Malang. Kepuasan pelanggan pada CV dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh promosi. Global Maxima Malang. Hal ini dimaksudkan agar dunia usaha atau manajemen perusahaan mempertimbangkan temuan penelitian ini ketika mengambil keputusan, terutama dalam hal strategi bauran pemasarannya.
Article Details
References
Achmad Kuncoro, Engkos dan Ridwan, (2008). Análisis jalur (Path Análisis), Edisi kedua, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ateba et.al. 2015. Marketing mix: its role in customer satisfaction in the South African Banking Retailing. Journal of Banks and Bank Systems. Volume 10, Issue 1, 2015.
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Basu, Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta:Liberty
Basu Swastha DH. 2004. Azas-azas Marketing. Liberty. Yogyakarta
Bovee, Courtland L., et al. 1995. Marketing. 2 nd Ed. McGraw – Hill, New York.
Buchari Alma, 2005, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alvabeta Bandung.
Cannon, Joseph P, William D. Perreault, Jerome McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar Edisi 16 Pendekatan Manajerial Global Buku 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Dolan, R.J. 1991. Strategic Marketing Management. Business School Publication, Boston.
Engel, J.F. et.al., 1994, Consumer Behavior, Jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto, Penerbit : Binarupa Aksara, Jakarta.Penerbit : Erlangga, Jakarta
Gordman, Robert and Armin Brott. (2007). The Must-Have Costumer, 7 Taktik Jitu Merebut Hati Pelanggan Idaman Anda. Gramedia, Jakarta.
Khan et al. 2012. ”Determinants of Customer Satisfaction in Fast Food Industry”. International Journal of Management and Strategy. Vol.3.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid I. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jakarta, Prehallindo
Lestari, Tri. 2010. Pengaruh marketing mix dan kepuasan pelanggan terhadap volume penjualan (Studi Kasus di home industri sepatu dan sandal paradis ) di Purworejo. Skripsi. UMP.
Lubis, M. Saleh. 2013.”Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan : Studi pada Arumas Hotel Lubuk Sikaping”. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS). Jurnal Apresiasi Ekonomi. Vol 1, No 2, (Mei 2013), Hal : 77-85
Malik, Zulmi Nur. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Volume Penjualan Notebook Acer pada CV. Galaxy Komputer Samarinda. Jurnal Ilmu Adinistrasi Bisnis. 2015, 3 (4): 821-831 ISSN 2355-5408.
Mevita, Afrida Shela. 2013. Pengarh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada PT. Preshion Engineering Plastec di Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 2 No. 9 (2013).
Nurcahyo, Fandry. 2016. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Volume Penjualan pada Restoran MCDonald’s Delta Plaza Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 4 ISSN : 2461-0593.
Rambat, Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Saladin, Djaslim, 2003, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Cetakan Ketiga, Bandung : Linda Karya.
Sangadji, E. M., & Sopiah, 2013. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Stanton, William J. 2003. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Sadu Sundaru. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Suliyanto. 2005. Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sumawardani,. Minarsih, Pmaria M,. Warso, M Mukeri. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Desain, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan yang Berdampak pada Peningkatan Penjualan di Percetakan (Teaching Factory Gradasi Semarang). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang. Journal of Management Vol.2 No.2 , Maret 2016.
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, Yogyakarta: ANDI.
Widyaratna, Theresia,. Danny,. Chandra, Felicia. 2001. Analisis tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap tingkat penjualan (studi kasus: Warung Makan Bu Kris Surabaya). Jurusan Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi – Universitas Kristen Petra. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 3, No. 2, September 2001: 85 – 95.
William J. & Stanton (2009). Prinsip Pemasaran. jilid I. Jakarta. Erlangga.
Zikmund, William G. 2007. Business Research Methods. USA: Dryden Press Hill, New York.