PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2020-2022)

Main Article Content

Katrina Baba Mollu
Asna Asna
Irma Tyasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Leverage diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER), ukuran perusahaan menggunakan Ln total aset, profitabilitas diukur menggunakan Return On Asset (ROA) dan nilai perusahaan diukur menggunakan Price Book Value (PBV). Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2022. Teknik pengambilan sampel ialah metode purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 57 amatan perusahaan makanan dan minuman yang telah memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditetapkan dengan jumlah data yang digunakan. Sumber data yang digunakan  ialah  data  sekunder  berupa annual  report yang  diperoleh  dari Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan   yaitu   analisis   regresi   linear   berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Leverage, Ukuran Perusahan dan Profitabilitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial menunjukkan bahwa Leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahan dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahan.

Article Details

How to Cite
Mollu, K. B., Asna, A., & Tyasari, I. (2024). PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2020-2022). Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.21067/jrmm.v12i1.10664
Section
Articles

References

Abubakar, H. R. (2021). Pengantar metodologi penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Hery, S. E. (2017). Teori Akuntansi: Pendekatan Konsep dan Analisis. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Himawan, H. M. (2020). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate yang go public di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(1).

Indrarini, S., & Kobar, J. T. (2022). Analisis Pengaruh Current Ratio, Price Earning Ratio, Return On Asset Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan. Akubis: Akuntansi Dan Bisnis, 9(1), 39–46.

Kasmir, D. (2018). Analisis Laporan Keuangan . PT RajaGrafindo Persada.

Khan, H. A. U., & Hidayat, R. (2022). The Effect of Dividend Policy, Debt Policy, And Profitability on The Value of Automotive Companies Listed on The Indonesia Stock Exchange 2017-2021. SHS Web of Conferences, 149, 03030. https://doi.org/10.1051/shsconf/202214903030

Nasution, M. R. (2018). Analisis Rasio Profitabilitas Sebagai Alat Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT Jayawi Solusi Abadi Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

Pratama, I. G. B. A., & Wiksuana, I. G. B. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. Udayana University.

Rivandi, M., & Petra, B. A. (2022). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2571–2580.

Sari, D. P., Putri, W. A., Neldi, M., & Candra, Y. (2021). Pengaruh intellectual capital, struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2014-2018. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(2), 235–244.

Sintyana, I. H., & Artini, L. S. (2019). Effect of Profitability, Capital Structure, Company Size and Dividend Policy on Firm Value. E-Journal of Unud Management, 8(2), 7717–7745.

Sudana, I. M. (2019). Manajemen keuangan teori dan praktik. Airlangga University Press.

Sugeng, B. (2017). Manajemen keuangan fundamental. Deepublish.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 87.