PENGARUH STORE ATMOSFER, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PRODUK 3SECOND MATOS KOTA MALANG
Main Article Content
Abstract
Sebelum melakukan pembelian, pembeli terlebih dahulu berniat membeli barang yang dibutuhkannya. Ada kalanya proses pembelian pembeli terjadi begitu saja tanpa persiapan sebelumnya. Pengadaan seperti ini disebut dengan drive purchase. Banyak elemen yang dapat mempengaruhi dorongan pembelian di kalangan pelanggan, salah satunya adalah lingkungan toko, kualitas pelayanan, dan biaya. Maksud dari penjajakan ini adalah untuk menambah konsentrasi terkait dampak iklim toko, kualitas pelayanan, dan biaya tanpa terlalu memikirkan pembelian produk Matos 3Second Kota Malang. Strategi dalam pemeriksaan ini adalah dengan menggunakan eksplorasi kuantitatif, ilmuwan mengambil objek pemeriksaan barang 3Second Matos di Kota Malang dan menjadikan pembeli sebagai subjek pemeriksaan dan masyarakat. Dengan menggunakan prosedur pemeriksaan kebetulan, jumlah contoh adalah 160 responden, yang kemudian diselidiki menggunakan SPSS'22 dengan strategi relaps langsung yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang timbul karena faktor suasana toko(store atmosphere), kualitas pelayanan dan biaya atau yang biasa disebut harga terhadap pembelian impulsif baik secara bersamaan maupun sendiri-sendiri.
Article Details
References
Amstrong, Gary & Philip, Kotler.(2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Arianto, N.(2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal pemasaran kompetitif,1(2),83-101.
Astuti, S. R. T., Khasanah, I.,&Yoestini, Y.(2020). Study of impulse buying on Instagram users in Indonesia. Diponegoro International Journal of Business,3(1),47-54.
Dan Herabadi, V.(2014). Definisi Pembelian Impulsif.
He, Y., Nurul, S.,Schmitt, H., Sutton, N. B.,Murk, T. A., Blokland, M. H., ...&Langenhoff, A. A. (2018). Evaluation of attenuation of pharmaceuticals, toxic potency, and antibiotic resistance genes in constructed wetlands treating wastewater effluents. Science of the Total Environment,631,1572-1581.
Huang, L. T.(2016). Flow and social capital theory in online impulse buying. Journal of Business research, 69(6),2277-2283.
Indrasari, M.(2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.
Jannah, D. R.(2022). Pengaruh store atmosphere, harga, dan kualitas pelayanan
Kotler, Philip.(2008). Manajemen Pemasaran. Dasar-Dasar Pemasaran Edisi 9 Jilid I. Jakarta: PT. Indeks.
Kristiana, N.,&Wahyudin, N.(2012). Pengaruh Persepsi Atribut Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Mobil Merek Isuzu Elf Studi Pada PT. Karya Zirang Utama Isuzusemarang. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan(JIMAT),3(1).
Kurniati, R.(2021). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk, Kemenarikan Promosi, dan Uang Saku yang Memengaruhi Impulse Buying dalam Penjualan Online pada Siswa Ipa Sman 4 Malang. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan (Vol. 1,No. 6, pp. 694-702).
Lee, H.(2018). Intrinsic and extrinsic motivations affecting impulse-buying tendency in mobile shopping. Social Behavior and Personality: an international journal,46(4),683-694.
Li, G., Rachmale, S.,Kojicic, M.,Shahjehan, K.,Malinchoc, M., Kor, D. J.,& Gajic, O.(2011). Incidence and transfusion risk factors for transfusion‐associated circulatory overload among medical intensive care unit patients. Transfusion,51(2),338-343.
Miranda, Y. C.(2016). Kajian Terhadap FaktorYang Mempengaruhi Impulse BuyingDalam Online Shopping. Competence:Journal of Management Studies,10(1).
Mulyapradana, A., Anjarini, A. D.,&Harnoto, H.(2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal. Jesya(Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah),3(1),26-38.
Paulus, A. L.,&Wardhani, Z. K.(2018). Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery: peran orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk.Jurnal Manajemen,10(2),88-96.
Rahmasari, L.(2010). Menciptakan Impulse Buying. Majalah ilmiah informatika,1(3).
Rahmawati, N. T.(2018). Pengaruh hedonic shopping value dan shopping lifestyle terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI),7(3),315-326.
Rarasanti, D.(2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Melakukan Impulse Buying pada Pengunjung Mall Panakukang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Ristiana, E.(2016).Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Ketertarikan Fashion Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pakaian Distribution Store(Distro) Di Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Siopo, Y.,Soebandi, S.,&Antonius, A.(2020).ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN DAN PENJUALAN PADA PO TRI JASA. MASITIKA, 5.
Siregar, M. K. S.(2020). Pengaruh Citra Merk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan.Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima,1(2),111-118.
Sudana, I. K., & Yesy Anggreni, N. L. P.(2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kober Mie Setan(Study Kasus Kober Mie Setan Peguyangan). Jurnal Pendidikan Widyadari,22(2),555-561.
Tjiptono.(2004). Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.
Utami, C. W.(2010). Manajemen Ritel_Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia.
Vanyushyn, V.,Hultén, P.,&Atwal, G.(2011).Grocery shopping in France and Sweden:Impact of promotions on impulse purchasing.In European Marketing Academy Conference.Faculty of Economics.
Wahyudi, S.(2017). Pengaruh price discount terhadap impulse buying.Valuta,3(2),276-289.
Yuwono, H., & Yuwana, S.(2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko King Di Malang. Jurnal Ekonomi Manajemen,2(1),331-346.
Zhang, K. Z.,Xu, H.,Zhao, S., & Yu, Y.(2018). Online reviews and impulse buying behavior:the role of browsing and impulsiveness.Internet Research.