PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, FASILITAS KERJA DAN TATA KELOLA ARSIP TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN PUNCAK JAYA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh Tata Kelola Arsip, Tingkat Pendidikan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Puncak Jaya, serta variabel yang paling dominan berpengaruh Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Puncak Jaya
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Puncak Jaya. Waktu penelitian dilakukan bulan Januari 2024. Populasi penelitian adalah semua pegawai kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Puncak Jaya yang berjumlah 56 orang
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tidak terdapat pengaruh tata kelola arsip secara parsial terhadap kualitas pelayanan pada kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Puncak Jaya 2) Tidak terdapat pengaruh tingkat pendidikan secara parsial terhadap kualitas pelayanan pada kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Puncak Jaya 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas kerja terhadap kualitas pelayanan pada kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Puncak Jaya 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap kualitas pelayanan pada kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Puncak Jaya 5) Fasilitas kerja yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pada kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Puncak Jaya
Article Details
References
Arsip Nasional Republik Indonesia, Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan, Jakarta.
Aa Kosasih. 2009. Tata Ruang Perabotan dan Perlengkapan Perpustakaan Sekolah, Pustakawan.Jurnal Pustakawan 5, no. 2.
Abdurrahman Fathoni. 2008. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi.Jakarta : Rineka Cipta
Achmad et al.2014. Layanan cinta: Perwujudan layanan prima perpustakaan. Jakarta, Sagung Seto.
Andrew E. Sikula. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Erlangga. Bandung. Azyumardi Azra. 2012. Pendidikan Islam :Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Melenium III. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Barthos, Basir. 2016. Manajemen Kearsipan: Untuk Lembaga Negara, Swasta, dan Perguruan Tinggi. PT Bumi Aksara: Jakarta
Depdiknas .2003.Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
Echdar Saban, 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis.Bogor : Ghalia Indonesia
Fandi Tjiptono.2014. Manajemen Jasa. Yogyakarta.
Fatmawati, Endang. 2013.Mata Baru Penelitian Perpustakaan dari SERVQUAL ke LIBQUAL. Jakarta, Sagung Seto.
Gerungan, 2013.Psikologi Sosial. Bandung: Rafika Aditama
Gie, The Liang. 2007. Administrasi Perkantoran Modern.Yogyakarta : Liberty Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik.Yogyakarta : Gava Media Hasbullah. 2011. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Herimanto & Winarno. 2008. Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar.Jakarta : PT. Bumi Aksara
Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-dasar Kependidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta
Lupiyoadi,R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat Miro,
Fidel. 2012, Pengantar Sistem Transportasi, Jakarta: Erlangga Moenir.2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Muchyidin dan Sasmitamihardja.2008.Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Umum. Bandung: Puri Pustaka
M.T. Sumantri. 2006. Panduan Penyelenggaraan Perpustakaaan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 2011.Standar Nasional Perpustakaan (SNP): Perpustakaan Provinsi, Perpustakaan Kabupaten/Kota, Perpustakaan Kecamatan, Perpustakaan Desa/Kelurahan, Perpustakaan Khusus Instansi Pemerintah. Jakarta, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Seketariat Negara
Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta : Rineka Cipta
Purwani Istiana. 2014.Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Ombak.
Rambat, Lupiyadi. 2006.Manajemen Pemasaran Jasa:Teori dan Praktek. Jakarta, Salemba Empat.
Slameto.2012. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet.18. Bandung, Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. edisi Revisi vi, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Suherman.2009. Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah: Referensi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Bandung: MQS PUBLISHING, 2009.
Sumitro.2008 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sulistyo, Basuki. 2010.Teknik dan Jasa Dokumentasi. Jakarta, Gramedia.
Suryosubroto. 2010. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta:Rineka Cipta
Soedarmayanti. 2011. Prestasi dalam Pengembangan Pemberdayaan dan Pendayagunaan Pegawai. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Tirtaharja dan La Sulo, 2010.Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan.
Yoyo Yahyono. 2010.Layanan Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI