PENGARUH KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KAB. PUNCAK JAYA)

Main Article Content

yeviana s. tiranda
andi nu graha
rusno

Abstract

Abstract This research aims to determine the effect of service quality and employee performance on user satisfaction. This research uses quantitative methods, using probability sampling techniques, namely 108 users of the Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Puncak Jaya. The data analysis used is multiple linear regression. The research results show that competence and work discipline can increase user satisfaction, competence can increase user satisfaction, work discipline can increase user satisfaction. Suggestions to increase user satisfaction need to pay attention to emotions by prioritizing polite service, to increase competence you need to pay attention to skills by having a professional attitude and work discipline you need to pay attention to compliance with office regulations by using attributes in accordance with company regulations.

Article Details

How to Cite
s. tiranda, yeviana, nu graha, andi, & rusno. (2025). PENGARUH KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KAB. PUNCAK JAYA). Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 12(2), 134–142. https://doi.org/10.21067/jrmm.v12i2.13001
Section
Articles

References

Alhamdi, Rezki. 2018. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi Di Patra Semarang Convention Hotel. Jurnal Pariwisata Pesona, Vol. 3, No. 1, Page 57-68.

Altonie, Hygia, Lelo Sintani, Tonich Uda, Yunikewaty, Usup Rissy Christa dan Yohanes Joni Pambelum. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Katingan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), Vol. 14, No. 2, Page 340-362.

Alya, Noor dan Wahyuddin Latunreng. 2021. Analisis Pengaruh Kompetensi dan Kedisiplinan Tenaga Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Jasinga Kabupaten Bogor Jawa Barat. Transportasi: Jurnal Ilmiah Ilmu administrasi, Vol. 4, No. 1, Page 70-84.

Andayani, Melia. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lahat. MOTIVASI: Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 6, No. 1, Page 11-21.

Asniwati dan Syafruddin Kitta. 2019. Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Fasilitas Kerja Kantor Terhadap Kualitas Pelayanan Melalui Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah. Jurnal APLIKASI Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, Vol. 1, No. 2, Page 133-146.

Badriyah, Nila dan Arif Kuswanto. 2023. Pengaruh Kualitas Layanan, Akses, Harga, Dan Kompetensi Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Kereta Api Indonesia (Studi Kasus Stasiun Malang Kota Baru). MASTER: CAKRAWALA, Vol. 6, No. 1, Page 420-443.

Busro, Muhammad. 2018. Teori - Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group

Dwi, Sri Ratih Wijayanti, Lina Mahardiana dan Risnawati. 2018. Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang (KPKNL) Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, Vol. 4, No. 2, Page 103-112.

Ermayenti dan Heryanto. 2019. The Effect Of Competence And Discipline Of Work On Public Satisfaction In The Regional Office Of The Ministry Of Religion In West Sumatera Province With Quality Of Service As An Intervening Variable. Archives of Business Research, Vol. 7, No. 7, Page 69-87.

Hasibuan. 2021. Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ketigabelas. Jakarta: Bumi Aksara

Hermawati. 2018. Pengaruh Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor UPT Pendapatan Wilayah Makassar 01 Selatan, Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Mirai Management, Vol. 3, No. 1, Page 85-100

Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Marketing Management (15th Global Ed). England: Pearson. Kurniawati

Lulu, Endah Khariri dan Nanik Suryani. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Disiplin Kerja, Komunikasi Interpersonal dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. BAEJ: Business and Accounting Education Jurnal, Vol. 1, No. 3, Page 258-264.

Maria, Fiqih Rabiatul Hariroh dan Erin Soleha. 2022. Analisis Mediasi Kepuasaan Mahasiswa pada Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Hasil Belajar. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, Vol. 2, No. 2, Page 201-214.

Nugraha, Evan, Rini Mulyani Sari, Sutarman, Arif Yunan dan Asep Kurniawan. 2020. The Effect of Information Technology, Competence, and Commitment to Service Quality and Implication on Customer Satisfaction. International Journal of Technology, Vol. 13, No. 4, Page 827-836.

Rensi, Nika. 2019. Pengaruh Kompetensi Tenaga Medis Dan Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Poncowati Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Simplex, Vol. 2, No. 2, Page 141-152.

Rivai, Veithzal Zanial, Mansyur Ramly, Thoby Mutis dan Willy Arafah. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Saefullah, Aep. 2022. Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Kadugede Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Manahemen, Bisnis dan Kewirausahaan, Vol. 2, No. 2, Page 01-20.

Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja Edisi Kelima. Jakarta:PT. Rajagrafindo Persada

Zakiyah, Nuratun dan Wahyono. 2020. Peran Kualitas Pelayanan dalam Memediasi Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Disiplin Kerja, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat. EEAJ: Economic Education Analysis Journal, Vol. 9, No. 3, Page 690-703.