PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Main Article Content

Alma Nur Aulia
Rita Indah Mustikawati
Sugeng Hariyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas diukur dengan rasio return on equity (ROE). Ukuran perusahaan diukur dengan Logaritma natural total aset. Intellectual capital diukur dengan rasio value added intellectual efficiency method (VAICâ„¢) dan nilai perusahaan diproksi dengan Price book value (PBV). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang go public di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan purposive sampling. Periode pengamatan dilakukan pada 2014-2018, dengan total sampel 11 perusahaan. Jumlah data observasi adalah 44 pasang data. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan profitabilitas, ukuran perusahaan dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan arah negatif. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Intellectual capital berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan arah positif.

Article Details

How to Cite
Nur Aulia , A. ., Indah Mustikawati , R. ., & Hariyanto, S. . (2020). PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 8(1). https://doi.org/10.21067/jrmm.v6i1.4463
Section
Articles

References

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku satu. Edisi Kesebelas. Alih Bahasa Ali Akbar Yulianto. Jakarta: Salemba Empat.

Chasanah, Amalia Nur. (2018) Pengaruh Rasio Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bei tahun 2015-2017. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Vol. 3, No. 1: 39 – 47.

Dewa, Gatot Putra, Fachrurrozie Fachrurrozie dan Nanik Sri Utaminingsih. (2014). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Luas Pengungkapan CSR Sebagai Variabel Moderasi. Accounting Analysis Journal. Vol. 3, No. 1.

Indriyani, Eka. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Akuntansi. Vol. 10. No. 2: 333–348.

Lestari. (2017). Pengaruh Intellectual Capital dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. JDEB. Vol. 14, No. 1: 17-39.

Lestari, Nanik dan Rosi Candra Sapitri. (2016). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akutansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Vol. 4, No. 1.

Madhani, Pankaj M. (2009). Resource Based View: Concept and Practices. India: Icfai University Press.

Nugroho, Wawan Satdyo dan Fadlil Abdani (2018). Profitabilitas, Dividend Policy, Leverage dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Konstruksi di Bursa Efek Indonesia. El-Muhasaba. Vol.8, No.1: 104-122.

Saragih, Houtmand P Saragih. (2018). Dilepas Asing, Saham Indofood Langsung Anjlok di http://m.cnbnnindonesia.com (diakses 27 Desember 2019)

Sucuahi, William dan Jay Mark Cambarihan. (2016). Influence Of Profitability To The Firm Of Disersified Companies In The Philipines. Accounting and Finance Reseach. Vol. 5, No. 2: 149-153.

Suparno dan Ristika Ramadani. (2017). Pengaruh Intellectual Capital dan Earning Pershare Terhadap Nilai perusahaan. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 6, No. 1: 710-718.