PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN SOCIAL MEDIA TERHADAP MINAT BELI GARSKIN YANG DIMEDIASI WORD OF MOUTH
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung strategi promosi dan social media terhadap minat beli garskin dan pengaruh secara tidak langsung strategi promosi dan social media terhadap minat beli garskin yang dimediasi word of mouth. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh dari penyebaran kuisoner kepada 105 responden konsumen produk garskin. Variabel penelitian yang digunakan strategi promosi dan social media terhadap minat beli yang dimediasi word ofmouth. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis path atau analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan secara simultan strategi promosi dan social media yang dimediasi word of mouth menunjukkan berpengarauh positif dan signifikan terhadap minat beli garskin. Secara parsial strategi promosi berpengaruh sebesar 0,001 dan social media berpengaruh sebesar 0,002 terhadap word of mouth, strategi promosi dan social media berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap minat beli garskin.
Article Details
References
Adityo, Benito. 2011. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Situs Kaskus. Skripsi. Semarang: Program Sarjan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro
Allsop, Dee T, Bryce R. Basset and James A.Hoskins. 2007. Word Of Mouth Research: Principles and Applications. Journal of Advertising Research
Arief, Millianyani. 2015. Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. Vol. 2. No.3
Harjadi, Didik & Fatmawati Dewi. 2008. Word Of Marketing (WOM) Communication Sebagai Alternatif Kreatif Dalam Komunikasi Pemasaran. Vol.4. No.8
Hasan, Ali. 2010. Marketing Dari Mulut Ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Http://erikbagussaputra.blogspot.com
Husein, Umar. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Teksis Bisnis. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada
Indrawijaya. 2012. Pengaruh Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Roti Manis Pada Industri Kecil di Kabupaten Sarolangun
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip: Amstrong, Gary, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I, Erlangga, Jakarta.
Kuncoro, M. 2010. Masalah, Kebijakan, dan Politik, Ekonimika Pembangunan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lucas, D. B., & Britt, S.H., 2012. Measuring Advertising Effectiveness McGraw-Hill, New York
Prihadi, Susilawati. 2018. Pengaruh Kemampuan E-commerce Dan Promosi di Media Social Terhadap Kinerja Pemasaran. Vol.3. No.1
Sernovitz, Andy. 2012. Word of Mouth Marketing: How Smart Companies get People Talking, New York. Penerbit: Kaplan Inc.
Simamora, Henry. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN
Solis, Brian. 2010. Engage: The Complete Guide for Brand and Businesses to Build Cultivate and Measure Success on The Web. New Jersey: John Wiley & Sons
Thoyibie, L. 2010. Psikologi Social Media. http//komunikasi-indonesia.org. Diakses tanggal 2 Oktober 2017
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta, Andi.
Winkel, W.S. 2014. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Garsindo