PENGARUH BAURAN ECERAN (RETAIL MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOPERASI MAHASISWA ( KOPMA ) UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG (Studi Pada Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang)

Main Article Content

Nur Cahyawati, Andi Nu Graha, Irma Tyasari

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran eceran (retail mix) terhadap keputusan pembelian di Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Universitas Kanjuruhan Malang pada Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang serta untuk mengetahui variabel manakan yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory research guna menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Varibel penelitian ini yaitu retail mix sebagai variabel bebas yang terdiri dari lokasi (X1), Merchandise (X2), Pricing (X3), Promosi (X4), Atmosfer dalam gerai (X5), Retail Service (X6) dan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan adalah regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah 106 responden, sampel pada penelitian ini yaitu Mahasiswa Univeritas Kanjuruhan Malang yang melakukan pembelian di KOPMA, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan uji simultan Fhitung = 18,921> Ftabel  2,191  dengan signifikan F  0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian. Uji parsial menunjukkan lokasi thitung 2,284 > ttabel 1,984   merchandise thitung 2,585> ttabel 1,984  ,pricing thitung 2,906> ttabel 1,984  , promosi thitung 2,184> ttabel 1,984, atmosfer dalam gerai thitung 2,070 > ttabel 1,984  dan retail service thitung 2,059 > ttabel 1,984, yang artinya lokasi, merchandise, pricing, promosi, atmosfer dalam gerai dan retail service secara parsial mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan harga merupakan variabel dalam retail mix yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Analisis regresi linier berganda menunjukkan sebesar Y= 3,710+0,122 X1+0,188 X2+0,211 X3 + 0,124 X4 + 0,087 X5 + 0,155 X6 + 1,700e.

Article Details

How to Cite
Andi Nu Graha, Irma Tyasari, N. C. (2014). PENGARUH BAURAN ECERAN (RETAIL MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOPERASI MAHASISWA ( KOPMA ) UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG (Studi Pada Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JRMM/article/view/615
Section
Articles