ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI MAHASISWA TERHADAP SMARTPHONE ANDROID SAMSUNG GALAXY SERIES

Main Article Content

Edi Gunawan, Endi Sarwoko, Dianawati Suryaningtiyas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor – faktor yang mempengaruhi minat beli mahasiswa terhadap Smartphone Android Samsung Galaxy series yang meliputi harga, kualitas produk, promosi, citra merek (brand image) serta layanan purna jual. Penelitian ini  merupakan jenis penelitian explanatory research dengan populasi target mahasiswa aktif universitas Kanjuruhan Malang yang menggunakan Smartphone Android Samsung Galaxy series. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode Accidental sampling. Sampel sebanyak 120 responden, Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert dan teknik analisis data regresi menggunakan SPPS versi 16 for window. Hasil analisis data menunjukkan  bahwa harga (0,031 < 0,05), kualitas produk (0,000 < 0,05), promosi (0,022 < 0,05), citra merek(brand image) (0,037 < 0,05), serta layanan purna jual (0,001 < 0,05) berpengaruh signifikan terhadap minat beli mahasiswa terhadap Smartphone Android Samsung Galaxy series baik secara sendiri – sendiri (parsial) maupun bersama – sama (simultan/ F hitung sebesar 10,555). Hasil uji dominan menjukan bahwa kualitas produk merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling besar (dominan) dengan nilai 0,307.

Article Details

How to Cite
Endi Sarwoko, Dianawati Suryaningtiyas, E. G. (2014). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI MAHASISWA TERHADAP SMARTPHONE ANDROID SAMSUNG GALAXY SERIES. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JRMM/article/view/624
Section
Articles