PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA PENGGUNA KARTU SELULER IM3 (Studi Pada Warga Dusun Krajan Desa Pandanwangi, Kec. Tempeh, Kab. Lumajang)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan dan promosi terhadap loyalitas merek pada pengguna kartu seluler IM3. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel 74 responden. Metode pengambilan data primer yang digunakan adalah metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian ini adalah regresi berganda uji t dan uji f. Hasil dari pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas merek (0,004 < 0,05) dan variabel promosi berpengaruh positif terhadap loyalitas merek secara parsial (0,004 < 0,05), variabel kepuasan pelanggan dan promosi secara bersama-sama mampu mempengaruhi variabel loyalitas (17,299 >  0,05).