PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Konsumen UD. Tiga Saudara Kabupaten Lumajang)

Main Article Content

Andika Krisnia Desfera
Rusno Rusno
Iva Nurdiana Nurfarida

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan inovasi produk sebagai variabel mediasi pada UD. Tiga Saudara Kabupaten Lumajang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert serta sampel yang didapatkan dengan mengambil jumlah responden sebanyak 112 responden yang pernah membeli produk milik UD. Tiga Saudara Kabupaten Lumajang yang didasarkan pada teknik simple randem sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik dan analisis path analysis (analisis jalur). Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta inovasi produk mampu memediasi kualitas produk terhadap keputusan pembelian.

Article Details

How to Cite
Desfera, A. K., Rusno, R., & Nurdiana Nurfarida, I. . (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI: (Studi Pada Konsumen UD. Tiga Saudara Kabupaten Lumajang). Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 10(2), 53–59. https://doi.org/10.21067/jrmm.v10i2.7164
Section
Articles

References

Agyekum, C. K., Haifeng, H., Agyeiwaa, A., Agyekum, C. K., Haifeng, H., & Agyeiwaa, A. (2015). Consumer Perception of Product Quality. Microeconomics and Macroeconomics, 3(2), 25–29.

Ahmed, P., & Shepherd, C. (2010). Innovation Management (1st Ed.). Pearson.

Al fasyid, H., & Tri Indah, A. (2015). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39–49.

Almira, A., & Sutanto, J. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 250–259.

Anggara, D. D. (2019). Pengaruh Kecintaan Merek Lokal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Ijo Waris Di Warung Kopi Waris Tulungagung. 07(02), 0–3.

Aprilia, F. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening Studi Pada Starbucks Kemang Sky Jakarta Selatan. Administrasi Bisnis, 24, 1.

Ayu, I. G., Melyanna, D., Rachmawati, I., Sm, M., & Ph, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan pembelian Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pie Susu Bli Man Bali). Management and Business Review, 5(2), 251–264.

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2016). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. BPFE UGM.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17.

Ginting, M., & Sembiring, H. (2018). The Effect of Product Innovation, Product Quality And City Image on Purchase Decision of Uis Karo Woven Fabric. 46(Ebic 2017), 593–598.

Kiran, V., Kishore, K., & Majumdar, M. (2012). Innovation in In-Store Promotions: Effects on Consumer Purchase Decision. European Journal of Business and Management, 4(9), 36–45.

Kotabe, M., & Helsen, K. (2016). Global Marketing Management (7th Ed.). Wiley.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Editi). Essex Pearson Education Limited.

Kotler, P. T., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing (18th Editi). Pearson Education.

Lahindah, L., Merisa, & Siahaan, R. A. (2018). The Influence of Product Innovation and Service Quality to Buying Decision and the Impact to Repeat Buying at Progo Road Bandung. The Asian Journal of Technology Management, 11(2), 118–124.

Masda, P. G. (2019). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Galamai di Kota Payakumbuh. Jurnal Perspektif, 17(1), 90–95.

Meilinda, R. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dange di Desa Benteng Kabupaten Pangkep. Jurnal manajemen 01(08), 1-13.

Mohd, R. S., Suhardi, W. M., Anita, A. H., Maznah, W. O., & Etty, H. H. (2017). The relationship between product quality and purchase intention: The case of Malaysias national motorcycle/scooter manufacturer. African Journal of Business Management, 5(20), 8163–8176.

Moputi, B. R., Tolinggi, W. K.,(2018). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada UKM Flamboyan Di Kota Gorontalo. AGRINESIA: Jurnal Ilmiah, 3(1), 1–7.

Purwanti, Sarwani, & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24.

Purwati, Setiawan, H., & Rohmawati. (2012). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus Pada PT. Nusantara Solar Sakti). Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (JENIUS1), 2(3), 260–277.

Rachmawati, A., Kana, A. A., & Anggraini, Y. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Hijab di Nadiraa Hijab Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis, 1, No. 2(2), 14.

Rachmadhania, N., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Inovasi Produk dan Dampaknya Terhadap Keputusan pembelian (Studi pada Keripik Maicih Bandung) Keyword : Keputusan Pembelian , Inovasi Produk, Keputusan Pembelian. 8(4), 3202–3209.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen (Cet. Ke-5). Kencana.

Shahab, H., & Rohman, F. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ikan Cupang Hias Standar Nasional Indonesia Pada Komunitas Penghobi di Kota Malang. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, 3(1), 45–56.

Silaban, S. E., Elisabeth, & Sagala, R. (2019). Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kentucky Fried Chicken (KFC) Simpang Mataram Medan. Jrak, 5(2), 209–228.

Slamet, F., Tunjungsari, H. K., & Le, M. (2018). Dasar-Dasar Kewirausahaan Teori dan Praktik (B. Sarwiji (ed.); Edisi 3). Indeks.

Stanton, W. J. (2012). Prinsip Pemasaran (Cet. Ke-3). Erlangga.

Syamsidar, R., & Soliha, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek dan promosi terhadap proses Keputusan Pembelian. (Studi Pada Banaran 9 Coffee & Tea, Gemawang, Kabupaten Semarang). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 26(2), 146–154.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Andi.

Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 123.