PENGARUH BEAUTY VLOGGER SEBAGAI ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PRODUK KOSMETIK WARDAH DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Main Article Content

Galuh Ningtiyas
Candra Wahyu Hidayat
Sri Wilujeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beauty vlogger sebagai electronic word of mouth terhadap minat beli produk kosmetik wardah dengan brand awareness sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peminat produk kosmetik wardah di kota Malang dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik survey online. Uji validitas dan reabilitas dilakukan untuk memastikan bahwa suatu instrumen penelitian valid. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi yang diperluas dengan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh terhadap minat beli. brand awareness  dan electronic word of mouth berpengaruh terhadap minat beli, dan brand awareness memediasi pengaruh electronik word of mouth terhadap minat beli.

Article Details

How to Cite
Ningtiyas , G. ., Wahyu Hidayat, C. ., & Wilujeng, S. . (2022). PENGARUH BEAUTY VLOGGER SEBAGAI ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PRODUK KOSMETIK WARDAH DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 10(1). https://doi.org/10.21067/jrmm.v8i1.7168
Section
Articles

References

Ambadar, J., Abidin, M., & Isa, Y. (2014). Mengelola Merek. Jakarta: Yayasan Bina Karsa Mandiri.
Bachriansyah, R. A., & Ferdinand, A. T. (2011). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ponsel Nokia (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang). Universitas Diponegoro.
Briliana, V., & Juli Silaen, N. (2019). Creating Purchase Intention Throughs Positive Electronic Wom, Brand Attitude, Satisfaction, and Brand Awareness. Case of Wardah Exclusive Lip Cream on Instagram. https://doi.org/10.4108/eai.6-12-2018.2286282
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e‐WOM Scale: word‐of‐mouth measurement scale for e‐services context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne Des Sciences de l’Administration, 27(1), 5–23.
Hennig-Thurau, T., Wiertz, C., & Feldhaus, F. (2015). Does Twitter matter? The impact of microblogging word of mouth on consumers’ adoption of new movies. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(3), 375–394.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing Global. USE: Pearson Education, 6, 47–48.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Marketting Management. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th global ed.). England: Pearson.
Majid, N. (2013). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Brand Image dan Dampaknya pada Minat Beli Smartphone Samsung di Kota Malang Oleh. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Schiffman, L., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2010). Consumer Behavior, 11. E Prentice Hall.
Setiawan, L. (2018). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention. Manajemen Pemasaran, 12(1), 53–59. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.53
Sharifpour, Y., Sukati, I., Noor, M., & Bin, A. (2016). The Influence of Electronic Word-of-Mouth on Consumers ’ Purchase Intentions in Iranian Telecommunication Industry. American Journal of Business, 5(3), 1–6.
Sunarti, Wibowo, E., & Utami, S. S. (2019). 1. Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Mahasiswi Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 19(4), 578–589.
Wicaksono, M., & Seminari, N. (2016). Pengaruh Iklan Dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka. None, 5(8), 250770.