PENGARUH HARGA, CITRA RASA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SEBLAK MAMANG NDUT KOTA MALANG
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari riset ini yaitu untuk menganalisis pengaruh harga,citra rasa,kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif serta sampel yang didapatkan didasarkan pada Teknik purposive sampling yaitu Teknik pengambilan sampel sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Analisis menggunakan metode regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis dibuktikan variabel harga, cita rasa, kualitas pelayaan dan promosi secara stimultan dan signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, serta secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal yang sama juga terjadi pada variabel cita rasa dan kualitas pelayanan yang secara parsial berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Begitu pula dengan promosi sebagai variabel yang memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan pelanggan.
Article Details
References
Belch, G.E. & Belch, M.A. (2017). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspectives (Irwin Marketing Series). 11th Edition. New York: McGraw-Hill Education.
Kotler, P., and Keller, K. L, 2012 Manajemen Pemasaran, Jilid kesatu, Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip and Gary Armstrong, 2012 Prinsip-prinsip manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 Jakarta Erlangga.
Indrasari, N. (2017). Pengaruh Cita Rasa, Nilai Gizi Dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Yes Delivery Di Plosokandang Tulungagung. Simki- Economic, 01(03), 1-14.
Montolalu, F.S., Mananeke, L., & Oroh, S.G. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Manado Timur. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum. Vol. 2, No. 1, Hal. 120- 135.
Tjiptono,Fandy(2014),Pemasaran jasa-prinsip, penerapan, Andi Offset,Yogyakarta.
Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., & Adare, D. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA, 2(3), 1237–1245. www.telkomsel.com
Sari Kurnia Novi (2019). " Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Suasana Caffe Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Minat Beli Ulang pada Caffe Sawah Pujon Malang". Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Ginting, Marreta dan Saputra Ahmad. (2015). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pasar Tradisional. Jurnal Manajemen Bisnis STIE IBBI. Vol. 23. Hal. 10-19.