ANALISIS PEMBENTUKAN PORTOFOLIO SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INDEKS TUNGGAL (Studi Pada Perusahaan yang masuk dalam kelompok LQ-45 di Bursa Efek Indonesia)

  • Erick Wisdha Eko Ibtadiyanto
  • Endi Sarwoko
  • Sugeng Haryanto
Keywords: Model Indeks Tunggal, Portofolio optimal, Return, Risiko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi portofolio saham yang masuk dalam kelompok LQ-45 dengan metode Indeks Tunggal. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia dan www.finance.yahoo.com. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi harga saham penutupan harian, indeks saham LQ-45 dan suku bunga Bank Indonesia. Sampel yang digunakan adalah saham-saham yang konsisten termasuk dalam daftar LQ-45 di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010-2012.Hasil penelitian  menunjukkan terdapat tujuh saham yang masuk sebagai portofolio optimal yaitu KLBF (Kalbe Farma tbk.) sebesar 16%, PGAS (Perusahaan Gas Negara tbk.) sebesar 11%, JSMR (Jasa Marga Persero tbk.) sebesar 13%, LPKR (Lippo Karawaci tbk.) sebesar 20%, SMGR (Semen Gresik Persero tbk.) sebesar 21%, INDF (Indofood Sukses Makmur tbk.) sebesar 8%, TLKM (Telekomunikasi Indonesia tbk.) sebesar 11%. Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa dari portofolio yang telah dibentuk akan menghasilkan return sebesar 46,57% dengan risiko sebesar 6,72%.
Published
2013-10-06
How to Cite
Eko Ibtadiyanto, E. W., Sarwoko, E., & Haryanto, S. (2013). ANALISIS PEMBENTUKAN PORTOFOLIO SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INDEKS TUNGGAL (Studi Pada Perusahaan yang masuk dalam kelompok LQ-45 di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 1(2). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JRMM/article/view/82
Section
Articles