PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HP IPHONE PADA MAHASISWA DI KOTA MALANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan tujuan mengetahui apakah pengaruh citra merek, harga dan gaya hidup berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada para konsumen. Sampel yang digunakan sejumlah 112 responden mahasiswa yang membeli hp iphone di kota Malang. Analisis data menggunakan regresi linier berganda serta menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan citra merek, harga, dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Article Details
References
Alfian, S., & Khuzaini. (2019). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Consina Store Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(12), 1–14.
Amir, A. N. B. A., Saleh, M. Y., & Jafar, S. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Makassar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Bosowa Makassar). Economics Bosowa Journal, 5(2), 185–195.
Assauri, S (2013). Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi, Jakarta : PT. Grafindo Persada
Azizan, N. S., & Yusr, M. M. (2019). the Influence of Customer Satisfaction, Brand Trust, and Brand Image Towards Customer Loyalty. International Journal of Entrepreneurship and Management
Budi, F. S., & Khuzaini. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger (Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(9), 1–15.
Buyung, S., Mandey, S. L., & Sumarauw, J. S. B. (2016). Pengaruh Citra Merek,Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Tiga Roda Di Toko Lico. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 16 No. 04 Tahun 2016, 16(4), 376–386.
Ferdinand. A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I (2018)."Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS" Edisi Sembilan Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Husen, A., Sumowo, S., & Rozi, A. F. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 127. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1757
Kotler, Amstrong (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.
Kuinang, L. D., Moniharapon, S., & Soegoto, A. (2018). Pengaruh Kebutuhan, Gaya Hidup, Dan Citra Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Di Warung Kopi Van Ommen Coffee Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1238–1247.
Lomban, E., & Tumbel, L. L. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Planet Surf Di Manado Town Square the Influence of Brand Image, Product Quality, and Price Perception on Consumer Purchase Decisions on Surf Planet . Wenas 648 Jurnal EMBA, 9(3), 648–658.
Nisa, C., Firdausi Madjid, il, & Hermawan, A. (2022). The Influence of Viral Marketing and Brand Image on Purchase Decisions through E-Trust (Study on Avoskin Skincare Customers). Business and Social Science (IJEMBIS) Peer-Reviewed-International Journal, 2(2), 315–321.
Nurani, V. P. C., & Suwitho. (2018). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Garuda Indonesia. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(7), 1–16.
Prabowo, H., Astuti, W., & Respati, H. (2020). Effect of Service Quality and Brand Image on Repurchase Intention through Word of Mouth at Budget Hotels Airy Rooms. Open Journal of Business and Management, 08(01), 194–207. https://doi.org/10.4236/ojbm.2020.81012
Practices, 2(7), 93–108. https://doi.org/10.35631/ijemp.270010
Pratama, D. W., & Santoso, S. B. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original. Diponegoro Journal Of Management, 7(2), 1–11.
Ranto, D. W. P. (2014). Pengaruh Harga, Desain Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Ukm Di Yogyakarta. Jbti, 5(2), 206–218.
Rehman, F. ur, & Al-Ghazali, B. M. (2022). Evaluating the Influence of Social Advertising, Individual Factors, and Brand Image on the Buying Behavior toward Fashion Clothing Brands. SAGE Open, 12(1).1-18 https://doi.org/10.1177/21582440221088858
Rudianto, R. (2021). The Influence of Culture and Lifestyle on Purchasing Decisions of Women’s Clothing at Matahari Department Store, Palopo City. International Journal of Management Progress, 2(2), 14–25. https://doi.org/10.35326/ijmp.v2i2.1027
Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger (Kajian Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73–83. https://doi.org/10.33633/jpeb.v3i2.2298
Setiadi , Nugroho. 2010. Perilaku Konsumen: Persektif Kontemporer Pada Motif,Tujuan, Dan Kenginan Konsumen. Edisi Revisi. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.
Sukmawati, N., & Ekasasi, S. R. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Sehat Soyjoy. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 17–28.
Susanti, T., & Susanti, D. N. (2021). Pengaruh Citra Merek, Variasi Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah (Studi pada Konsumen Pengguna Lipstik Wardah di Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 3(6), 1157–1167.
Teddy, A., & Zuliestiana, D. A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Gofood Di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 7(2), 5422–5428.
Ustadriatul Mukarromah, Mirtan Sasmita, & Lilis Rosmiati. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.37366/master.v2i1.444
Wowor. C. A. S., Lumanuw, B., & Ogi, I. W. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado, Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1058-1068.
Zannah, D. A. M. (2022). Pengaruh Citra Merek, Hargda dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone (Studi Kasus Terhadap Generasi Z Kota Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(7), 1-16.