PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS DIMEDIASI KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Zulpah Batik Tulis Tanjung Bumi)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis dampak dari kualitas produk yang menyebabkan loyalitas dimediasi kepuasan konsumen. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif, sumber data menggunakan data primer serta sampel yang didapatkan didasarkan pada teknik accidental sampling sehingga mendapatkan sampel yang berjumlah 114 responden. Analisis menggunakan metode path analysis/analisis jalur. Menurut penjabaran diatas membuktikan variabel kualitas produk berdampak pada loyalitas, variabel kualitas produk berdampak pada kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berdampak pada loyalitas, variabel kepuasan konsumen sanggup memediasi pengaruh antara kualitas produk terhadap loyalitas secara parsial.
Article Details
References
Ahmad, Subagyo. 2010. Marketing In Bussiness. Edisi Pertama, cetakan pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media
Armstrong, Kotler. 2015. Marketing an Introducing Pretiece Hall twelfth edition, England : Pearson Education, Inc
Dewi, Leni Kurnia, and Anindhyta Budiarti. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Queenstreetstore Anindhyta Budiarti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya Arus Modernisasi Yang Ada Di Surabaya Bahkan Dipenjuru Dunia.
Dimyati, Muhamad dan N. Ari Subagio. "Impact of Service Quality, Price and Brand on Loyalty with the mediation of Costumer Satisfaction on Post Express in East Java. "Medditeranean Journal Of Social Sciences, Vol 7 No 4 July 2016
Ernest Grace, et al. “Product Quality and Customer Satisfaction and Their Effect on Consumer Loyalty.†International Journal of Social Science, vol. 1, no. 2, 2021, pp. 69–78, doi:10.53625/ijss.v1i2.138.
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction, ed. 3. Yogyakarta, Andi.
Kotler, P. 2003. In Marketing Management (Eleventh E, p. 61). Person Education. www.prenhal.com/kotler
Kotler, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1 (Edisi 13). Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Lupiyoadi, Rambat. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.
Mosahab, Rahim, et al. "Service Quality, Costumer Satisfaction and Loyalty: A Test of Mediation." Jurnal of International Business Research, Vol 3, No 4: October 2010, www.ccsenet.org/ibr
Oliver, Richard, 1996. Satisfaction a Behaviour Perspective on The Customer. McGrawHill, New York
Pirbadi, Dessy. “Pengaruh Product Quality, Service Quality, Image Terhadap Loyalty Melalui Satisfaction Pada Restoran Sunda Di Jakarta.†Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, vol. 7, no. 1, 2014, p. 177, doi:10.25105/jmpj.v7i1.526.
Pradhana, Dhimas Putra. " Analisa Persebaran Pusat Industri Batik Tanjung Bumi Menggunakan Sistem Informasi Geografis di Kabupaten Bangkalan, 2018: Surabaya
Pratika, N., & Tua, H. (2018). Kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Jurnal Administrasi Pembangunan, 2(1), 63–68. http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JAP/article/view/1937
Prawirosentono, Suyadi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia: Kebijakan Kinerja Karyawan. Edisi 1. Cetakan Kedelapan. BPFE. Yogyakarta
Putera, Adhitya Kelana dan Wahyono. "Pengaruh Kualitas pelayanan, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen." Management Analysis Journal, Vol 7(1) (2018)
Rachmat, Hidayat. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri.
Rangkuti, Freddy (2002), Measuring Customer Satisfaction, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Salilo, febriana Amanda. "Analisis pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai MediaIntervening". Jurnal riset Bisnis dan Manajemen Vol 7, No 4, 2019, 413-432
Setiati, Destin Huru. 2007. Membatik Yogyakarta: PT Macanan Jaya Cemerian.
Tjiptono Fandy. 2002. Manajemen Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Wijaya, I., and I. Nurcaya. “Kepuasan Pelanggan Memediasi Kualitas Produk Dan Kewajaran Harga Terhadap Loyalitas Merek Mcdonalds Di Kota Denpasar.†E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, vol. 6, no. 3, 2017, p. 255159.
Zins, A. (2001). Relative attitudes and commitment in customer loyalty models: some experiences in the commercial airline industry. International Journal of Service In-dustry, 12(3), 269-294.