ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA INDONESIA MOST TRUSTED COMPANIES

  • Anis Karunia Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang
  • Ida Nuryana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang
  • Irma Tyasari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: struktur modal, ukuran perusahaan, kinerja keuangan, nilai perusahaan

Abstract

Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh kebijakan struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan; pengaruh kebijakan struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan; serta pengaruh kebijakan struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan dan implikasinya terhadap nilai perusahaan. Populasi adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada Indonesian Most Trusted Companies tahun 2013. Sampel berjumlah 14 perusahaan yang diambil dengan purposive sampling dengan periode pengamatan tahun 2009-2013. Teknik analisis data menggunakan Analisis Jalur (path analysis). Hasil pengujian menunjukkan bahwa kebijakan struktur modal berpengaruh signifikan negatif terhadap kinerja keuangan; ukuran perusahaan berpengaruh siginifikan positif terhadap kinerja keuangan; kebijakan struktur modal berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan; ukuran perusahaan berpengaruh tidak signifikan positif terhadap nilai perusahaan; kinerja keuangan berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan; kebijakan struktur modal berpengaruh signifikan negatif terhadap kinerja keuangan dan implikasinya terhadap nilai perusahaan; dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan dan implikasinya terhadap nilai perusahaan.
Published
2015-02-12
How to Cite
Karunia, A., Nuryana, I., & Tyasari, I. (2015). ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA INDONESIA MOST TRUSTED COMPANIES. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JRMM/article/view/963
Section
Articles