Pembuatan Aplikasi Multimedia 2D Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Fluida Dinamis

  • Lisana Lisana Universitas Surabaya

Abstract

Data menunjukkan bahwa terjadi penurunan nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) Fisika siswa SMA jurusan IPA di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Pembelajaran Fisika di SMA saat ini masih banyak yang masih menggunakan media buku (textbook). Hal ini mengakibatkan materi yang diterangkan terkadang kurang bisa dipahami oleh siswa karena sering kali guru menjelaskan tanpa ada contoh konkretnya. Salah satu materi yang mempunyai banyak rumus dan membutuhkan simulasi adalah materi Fluida Dinamis. Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini membuat multimedia menjadi salah satu media yang sangat penting untuk bisa diterapkan di bidang pengajaran. Aplikasi berisi 6 materi yaitu Fluida Dinamis, Debit Aliran, Persamaan Kontinuitas, Hukum Bernoulli, Torricelli, dan Pesawat Terbang. Semua pembahasan dilengkapi dengan animasi teori, rumus, dan soal. Selain itu juga terdapat simulasi yang bersifat interaktif dari tiap materi. Aplikasi juga menyediakan game untuk lebih membuat siswa tertarik. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa aplikasi bisa dijadikan media alternative untuk pembelajaran Fisika khususnya materi Fluida Dinamis.

References

[1] Chen, Z., Stelzer, T., Gladding, G., 2010, Using multimedia modules to better prepare students for introductory physics lecture, Physical Review Physics Education Research, Issue 1, Volume 6, June 2010

[2] Patel, C., 2013, Use of Multimedia Technology in Teaching and Learning communication skill: An Analysis, International Journal of Advancements in Research & Technology, Issue 7, Volume 2, July 2013, hal 116.

[3] Pressman, R.S., 2015, Software Engineering, a practitioner’s approach, 8th ed., McGraw-Hill

[4] Preece, J. et-al., 2015, Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction, 4th ed,John Wiley & Sons, Ltd.

[5] Wang, Tsung J., 2010, Educational Benefits of Multimedia Skills Training, TechTrend, Number 1, Volume 54, January/February 2010, hal 47
Published
2018-05-06
How to Cite
Lisana, L. (2018). Pembuatan Aplikasi Multimedia 2D Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Fluida Dinamis. Journal on Information Systems, Technology of Information and Communications (JoISTIC), 1(1). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JoISTIC/article/view/2254