Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Inovasi Sistem Pelayanan Publik (Pembayaran SPP Online)

Main Article Content

Andhi Sukma Hanafi
Chairil Almy
M. Shabri Abd Majid

Abstract

Pembayaran SPP online merupakan inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh SMK SMTI Banda Aceh, untuk memudahkan siswa dalam melakukan pembayaran SPP. Inovasi ini merupakan peningkatan pengayaan peran atas sistem internal pemerintahan yang sebelumnya sudah ada pada SMK SMTI Banda Aceh. Inovasi merupakan inovasi dengan tipologi strategi, pada level incremental, dan kategori sustaining innovation (inovasi terusan). Adapun tingkat kepuasan siswa terhadap inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh SMK SMTI Banda Aceh, dari 153 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini menyatakan puas pada indikator tangiables, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty.

Article Details

How to Cite
Hanafi, A., Almy, C., & Majid, M. S. (2018). Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Inovasi Sistem Pelayanan Publik (Pembayaran SPP Online). Journal on Information Systems, Technology of Information and Communications (JoISTIC), 1(1). https://doi.org/10.21067/joistic.v1i1.2286
Section
Articles

References

[1] Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2011 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Perindustrian.

[2] Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

[3] Wijoyo, S., (2006), Pelayanan Publik dari Dominasi ke Partisipasi, Surabaya: Airlangga University Press.

[4] Mirnasari, R. M., (2013), Inovasi pelayanan publik UPTD Terminal Purbaya-Bungurasih, Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 1(1). 71-84.

[5] Dwiyanto, A., (2008), Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik, Yogyakarta: UGM Press.

[6] Muluk, K., (2008), Knowledge Management-Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah, Jatim: Banyumedia Publishing.

[7] Sujarweni, V.W dan Endrayanto, P., (2012), Statistika Untuk Penelitian, Yogyakarta: Graha Ilmu.

[8] Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.

[9] Sanusi, A., (2011), Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

[10] Napitupulu, P., (2007), Pelayanan publik dan costumer Satisfaction, Bandung: Alumni.