Pengembangan Aplikasi Smart Hotel Sebagai Pendukung Pelaksanaan E-Tourism Pemerintah Daerah

  • Wiwin Kuswinardi Universitas Kanjuruhan
  • Hari Lugis Purwanto Kanjuruhan University
  • Kawakibul Qamar Kanjuruhan University

Abstract

Kabupaten Banyuwangi saat ini sedang aktif mengangkat pariwisata sebagai salah satu prioritas pembangunan daerahnya. Inisiatif mengangkat pariwisata daerah ini ditindaklanjuti dengan mengimplementasikan konsep E-Tourism. Bentuk nyata dari penerapan konsep E-Tourism ini adalah dengan pemanfaatan berbagai media social. Website yang diluncurkan untuk menunjang kesuksesan promosi pariwisata Kabupaten Banyuwangi antara lain www.banyuwangikab.go.id sebagai website resmi pemerintah daerah, www.banyuwangitourism.com sebagai website resmi Dinas Pariwisata dan www.bwifestival.com yang menyajikan informasi spesifik tentang festival-festival yang dilangsungkan di Banyuwangi. Sistem yang sekarang sudah ada menu untuk melakukan pencarian nama obyek wisata dan hotel di Kabupaten Banyuwangi, namun tidak dapat memberikan informasi jarak hotel dengan tempat wisata yang ada sehingga wisatawan sulit memilih hotel yang lebih dekat dan fasilitas yang sesuai. Oleh karena itu dibutuhkan sistem smart hotel untuk membantu menangani masalah tersebut. Smart hotel akan memberikan informasi hotel sesuai dengan kriteria wisatawan dan sudah terintegrasi dengan google maps untuk mempermudah memberikan informasi rute. Dari hasil penelitian ini menunjukkan sistem mampu memberikan informasi hotel dengan mudah berdasarkan kriteria yang wisatawan. Sekaligus dapat memberikan rute menuju lokasi hotel yang telah terintegrasi dengan google maps. Dengan demikian diharapkan dari hasil penelitian ini menjadi referensi bagi pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi untuk mengembangkan konsep E-Tourism dalam meningkatkan potensi wisata yang ada.

References

[1] Manuputty, A. D., & Tanaamah, A. R. 2006. Kepariwisataan Berbasiskan E-Tourism di Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi-Aiti, 3(1), 52–65.

[2] Nurnawati, E. K., & Ardyrusmarryya, D. 2017. Pemetaan Hotel Untuk Menunjang Potensi Wisata Berbasis Mobile Untuk Menunjang Smart City. SENSEI, 1(1).

[3] Fajaruddin, N., & Tarmuji, A. 2013. Geolocation Berdasarkan GPS Berbasis Mobile Web (Studi Kasus Pencarian Lokasi Hotel di Yogyakarta). Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 1, 90–96.

[4] Hermawan, R., Hidayat, A., & Utomo, V. G. 2015. Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web (Studi Kasus : Yayasan Ganesha Operation Semarang). Jurnal Evolusi, 3(2), 1–8.

[5] Hendriksson, R. 2005. Semantic Web and E-Tourism. Finlandia : Department of Computer Science Helsinki University.

[6] Prahasta, E. 2009. Sistem Informasi Geografis. Bandung: CV Informatika.

[7] Ekadanata, A., Dewi, S., Hadi, D. P., Nugroho, D. K., & Johana, F. (2011). Sistem Informasi Geografi. Malang: PT. Bumi Pertiwi.

[8] Bastian, A., Rodiansyah, S. F., & Rezanova, R. 2017. Pengembangan E-Trourism Disporabudpar Kabupaten Majalengka Menggunakan Metode Swot. SENTIKA, 9–14.
Published
2018-05-06
How to Cite
Kuswinardi, W., Purwanto, H., & Qamar, K. (2018). Pengembangan Aplikasi Smart Hotel Sebagai Pendukung Pelaksanaan E-Tourism Pemerintah Daerah. Journal on Information Systems, Technology of Information and Communications (JoISTIC), 1(1). https://doi.org/10.21067/joistic.v1i1.2298