Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang PAUD di TK Kartika Kota Batu

Authors

  • Ayu Asmah a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas PGRI Kanjuruhan Malang";}

Keywords:

kurikulum merdeka, kosp, paud

Abstract

Salah satu implementasi kurikulum merdeka adalah penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) pada setiap satuan pendidikan. KOSP merupakan dokumen wajib bagi setiap jenjang satuan pendidikan dalam melaksanakan proses belajar mengajar. KOSP PAUD dikembangkan dan dikelola dengan mengacu kepada struktur kurikulum dan standar yang ditetapkan oleh
pemerintah dan menyelaraskannya dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerah sekitar. Setiap satuan pendidikan punya wewenang dalam mengembangkan kurikulum operasioanl, baik dalam menentukan format dan sistematika penyusunan. TK Kartika Kota Batu merupakan salah satu lembaga yang dalam penyelenggaraan pendidikan untuk anak usia dengan menggunakan kurikulum merdeka. Bentuk nyata mengimplementasikan kurikulum merdeka yaitu dengan menyusun dan mengembangkan kurikulum operasional sekolah sesuai dengan karakteristik lembaga, peserta didik dan lingkungan sekitar. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para guru dan pemangku kebijakan di TK Kartika mengenai pengimplementasian kurikulum merdeka dalam penyusunan KOSP.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Asmah, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang PAUD di TK Kartika Kota Batu. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–7. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jdimas/article/view/10429

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)