Peningkatan Keterampilan Kepemimpinan Siswa dengan Pelatihan Kepemimpinan Empati dan Resolusi Konflik

Authors

  • Revnika Faizah a:1:{s:5:"en_US";s:25:"Universitas Negeri Malang";}
  • Sentot Kusairi Universitas Negeri Malang
  • Suci Nora Julina Putri Universitas Negeri Malang
  • Wulan Anna Pertiwi Universitas Negeri Malang

Keywords:

keterampilan kepemimpinan, empati siswa, resolusi konflik

Abstract

Studi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan siswa dengan kegiatan pelatihan kepemimpinan empati dan resolusi konflik. Pengabdian ini melibatkan 38 siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Malang. Selain itu, kegiatan juga melibatkan 3 Mahasiswa Docktoral dalam pelaksanaanya. Pelaksanaan kegiatan pelatihan diawali dengan siswa diberikan pre-test, penyampaian materi oleh narasumber, diskusi kelompok oleh siswa, pembuatan poster dan presentasi oleh siswa dan terakhir pemberian post-test. Data hasil pre-test dan post-test dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data tes, ditemukan bahwa terdapat peningkatan skor rata-rata siswa sebelum dan setelah pelatihan dilaksanakan. Ditemukan pula bahwa beberapa siswa dalam menyelesaikan konflik masih memiliki pengelolaan emosi, tingkat kogntif dan rasa percaya diri yang masih rendah. Pelatihan kepemimpinan ini dapat membantu siswa untuk mengatasi hal tersebut. Sebagaimana diketahui keterampilan kepemimpinan
yang baik berawal dari pengelolaan emosi, kognitif dan rasa percaya diri yang baik.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Faizah, R., Sentot Kusairi, Suci Nora Julina Putri, & Wulan Anna Pertiwi. (2024). Peningkatan Keterampilan Kepemimpinan Siswa dengan Pelatihan Kepemimpinan Empati dan Resolusi Konflik. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 41–47. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jdimas/article/view/10630