Peningkatan Keterampilan Kepemimpinan Siswa dengan Pelatihan Kepemimpinan Empati dan Resolusi Konflik
Keywords:
keterampilan kepemimpinan, empati siswa, resolusi konflikAbstract
Studi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan siswa dengan kegiatan pelatihan kepemimpinan empati dan resolusi konflik. Pengabdian ini melibatkan 38 siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Malang. Selain itu, kegiatan juga melibatkan 3 Mahasiswa Docktoral dalam pelaksanaanya. Pelaksanaan kegiatan pelatihan diawali dengan siswa diberikan pre-test, penyampaian materi oleh narasumber, diskusi kelompok oleh siswa, pembuatan poster dan presentasi oleh siswa dan terakhir pemberian post-test. Data hasil pre-test dan post-test dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data tes, ditemukan bahwa terdapat peningkatan skor rata-rata siswa sebelum dan setelah pelatihan dilaksanakan. Ditemukan pula bahwa beberapa siswa dalam menyelesaikan konflik masih memiliki pengelolaan emosi, tingkat kogntif dan rasa percaya diri yang masih rendah. Pelatihan kepemimpinan ini dapat membantu siswa untuk mengatasi hal tersebut. Sebagaimana diketahui keterampilan kepemimpinan
yang baik berawal dari pengelolaan emosi, kognitif dan rasa percaya diri yang baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License