Pemberdayaan Laskar Anak Pekerja Migran melalui Program Nayanika sebagai Digitalisasi Wisata Alam Pantai Kondang Bandung
DOI:
https://doi.org/10.21067/jdimas.v3i1.10811Keywords:
Pemberdayaan, Laskar Anak Pekerja Migran, Pantai Kondang BandungAbstract
Artikel ini mendeskripsikan implementasi program Nayanika, pemberdayaan Laskar Anak Pekerja Migran (LAPM) melalui digitalisasi wisata alam Pantai Kondang Bandung Purwodadi, Donomulyo, Malang. Program ini bermitra dengan LAPM sebagai kelompok remaja berlatar belakang keluarga pekerja migran. Program Nayanika menyelesaikan permasalahan mitra yaitu minimnya aktivitas produktif LAPM. Program Nayanika bertujuan (1) menyusun program pemberdayaan LAPM; (2) menerapkan program Nayanika; dan (3) mengevaluasi dampak penerapan program terhadap perubahan mitra. Program dilaksanakan melalui tahapan 4P yaitu persiapan, pelaksanaan, penutupan, dan penyusunan laporan. Hasil kegiatan pengabdian terdiri dari (1) Program Nayanika meliputi Nayanika Edu, Nayanika Craft, Nayanika Tech dan Nayanika Fest; (2) terlaksananya program Nayanika berupa sosialisasi-edukasi dari Nayanika Edu, Craft, Tech, dan Fest.; (3) terciptanya kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan LAPM dalam mengelola wisata alam, penataan fasilitas wisata, pengelolaan media sosial @kondangbandung_beach dan aplikasi Nayanika untuk branding Pantai Kondang Bandung, terciptanya Nayanika agent dan buku pedoman guna keberlanjutan program Nayanika. Program ini berhasil mengatasi masalah utama mitra dengan menghadirkan serangkaian kegiatan produktif yang berdampak positif terhadap LAPM dan potensi wisata alam Pantai Kondang Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License


.png)
.png)
