Pelatihan Virtual Laboratory Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Melatih Literasi Sains Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21067/jdimas.v3i1.11483Kata Kunci:
virtual laboratory, pendekatan saintifik, literasi sains, simulasi PhET, FisikaAbstrak
Studi ini bertujuan untuk melatih literasi sains siswa melalui pelatihan laboratorium virtual Fisika dengan pendekatan saintifik di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi'iyah Khoiriyah Hasyim Seblak. Simulasi PhET dipilih untuk memvisualisasikan konsep Fisika yang abstrak, seperti gelombang bunyi, yang sulit dipahami tanpa alat praktikum fisik. Kegiatan ini melibatkan 30 siswa dalam serangkaian pelatihan, yang mencakup tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, survei dan observasi dilakukan untuk mengidentifikasi tantangan dalam pembelajaran Fisika. Tahap pelaksanaan mencakup pemberian materi, praktik simulasi PhET, dan diskusi kelompok untuk memperdalam pemahaman siswa. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan pemahaman siswa sebelum dan setelah pelatihan. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa mampu melakukan praktikum virtual secara mandiri, menunjukkan penguasaan penggunaan PhET, serta lebih mudah memahami materi setelah menggunakan simulasi ini. Temuan ini menunjukkan potensi simulasi berbasis teknologi untuk memperdalam pemahaman siswa dalam pembelajaran Fisika, terutama di lingkungan sekolah yang menghadapi tantangan dalam hal fasilitas laboratorium. Hal ini juga membuka peluang bagi pengembangan pendidikan berbasis teknologi di madrasah.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License


.png)
.png)
