Workshop “Optimalisasi Canva for Education (OCE)” di SD Negeri Kemiri 2 Kepanjen Malang

Authors

  • S. Widodo Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • L. Chariroh Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • N. Kamila Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • T. Verawati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • S.D. Puspitasari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • T. Arisanti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • O. Opraliansyah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • S.A. Kumala Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • I. Habsah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • S.I. Sulistianingsih Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Z.H. Arishandy Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Y.E.S Putri Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • V.S. Rohmah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • M.L. Khofifah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • A.L.A. Irana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • I.K. Suastika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Keywords:

workshop, training, canva

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran baik dari guru ataupun untuk peserta didik masih belum maksimal. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pandangan dan memberikan alternatif aplikasi penunjang berbasis teknologi melalui praktik langsung kepada guru dan peserta didik di SD Negeri Kemiri 2, Kepanjen, Malang. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk workshop ditujukan untuk guru dan peserta didik. Dari hasil kegiatan ini guru di SDN Kemiri 2 sangat antusias untuk dapat menyusun perangkat ajar dan kelengkapan yang mendukung kegiatan belajar menggunakan aplikasi canva. Peserta didik tanggap dan dapat menghasilkan karya menggunakan canva. Berdasarkan hasil workshop dan pelatihan optimalisasi canva for education diperoleh simpulan bahwa melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman guru dan kemampuan guru dalam mengembuat bahan dan media pembelajaran menggunakan canva melalui keterlibatan secara aktif dalam kegiatan, membaca materi pelatihan dengan seksama, mengajukan pertanyaan, menyatakan pendapat, berpartisipasi dalam membuat media pembelajaran online selama kegiatan. Peserta didik aktif mengikuti kegiatan dan mampu memahami setiap komponen yang ada pada aplikasi canva dan dapat menghasilkan produk berupa poster.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Widodo, S., Chariroh, L., Kamila, N., Verawati, T., Puspitasari, S., Arisanti, T., … Suastika, I. (2023). Workshop “Optimalisasi Canva for Education (OCE)” di SD Negeri Kemiri 2 Kepanjen Malang . Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14–21. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jdimas/article/view/9071

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)