Keterampilan Interpersonal Anak Tenaga Kerja Wanita

(Studi Kasus Pada Anak Usia Dini di Desa Panyingkiran, Karawang Tahun 2015)

Main Article Content

Tiara Astari

Abstract

Abstract The purpose of this study was to describe the interpersonal skills of children whose mothers work as female workers (TKW) abroad. The focus of this study, namely: interpersonal skills of children with a substitute caregiver, interpersonal skills with peers, and communities in the surrounding environment. This study used a qualitative approach with case study method. The results showed that the interpersonal skills of children affected by the pattern of caregiver by a caregiver substitute, affecting the behavior of peers, and the treatment of the surrounding community. They tend to have no attachment with the mother and father. Behavior is always relented and loner into behaviors that are often shown by children, but in spite of that, the child exhibit behaviors independent, and able to regulate their own needs. This is caused by a surrogate parenting caregivers who tend to let a child. Knowledge caregivers and limited community causes stimulation provided no maximum, so we need psycho-social assistance to families and communities to support children's development in the Panyingkiran village. Keywords: interpersonal skills, peers, social environment (caregivers, family, and community). Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan keterampilan interpersonal anak-anak yang ibunya bekerja sebagai pekerja perempuan (TKW) di luar negeri. Fokus penelitian ini, yaitu: keterampilan interpersonal anak dengan pengasuh pengganti, keterampilan interpersonal dengan teman sebaya, dan masyarakat di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan interpersonal anak dipengaruhi oleh pola pengasuh oleh pengasuh pengganti, mempengaruhi perilaku teman sebaya, dan perlakuan terhadap masyarakat sekitar. Mereka cenderung tidak memiliki ikatan dengan ibu dan ayah. Perilaku selalu mengalah dan menyendiri ke dalam perilaku yang sering ditunjukkan oleh anak-anak, tetapi meskipun demikian, anak menunjukkan perilaku yang mandiri, dan mampu mengatur kebutuhan mereka sendiri. Ini disebabkan oleh pengasuh pengasuh pengganti yang cenderung membiarkan anak. Pengasuh pengetahuan dan komunitas yang terbatas menyebabkan stimulasi yang diberikan tidak maksimal, sehingga kami membutuhkan bantuan psiko-sosial untuk keluarga dan masyarakat untuk mendukung perkembangan anak-anak di desa Panyingkiran. Kata Kunci : keterampilan interpersonal, teman sebaya, lingkungan sosial (pengasuh, keluarga, dan masyarakat)  

Article Details

How to Cite
Astari, T. (2019). Keterampilan Interpersonal Anak Tenaga Kerja Wanita. Journal of Early Childhood Education and Research (JECER), 1(1), 1-16. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jecer/article/view/3149
Section
Articles