PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA LAGU “VOCABULARY SONG” PADA GURU SD SE-KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

Main Article Content

Siti Mafulah
Fitri Anggraini Hariyanto

Abstract

Fakta yang ada bahwa pengajaran bahasa Inggris di tingkat SD hanyalah menggunakan metode yang tradisional dengan guru sebagai sentra pengajaran dan hanya menggunakan buku teks sebagai media pembelajaran  sehingga pembelajaran  bahasa Inggris pada siswa  SD yang seharusnya menyenangkan menjadi membosankan bahkan menjadi “beban†bagi para siswa. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat iniadalah untuk membantu para guru SD/MI se-kecamatan Dau kabupaten Malang untuk mengetahui dan menambah wawasan tentang media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris khususnya vocabulary bagi siswa SD/MI. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode pelatihan dilaksanakan melalui penjelasan tentang konsep pengajaran EYL, modelling of vocabulary song serta workshop pembuatan vocabulary song berdasarkan model yang akan  di berikan.Hasil yang didapatkan dari pelatihan ini adalah pemahaman tentang pentingnya lagu bagi pembelajaran bahasa Inggris bagi siswa SD yang membuat peroses pembelajaran dan pengajaran di kelas menyenangkan. Guru mampu mengadaptasi lagu-lagu berbahasa Inggris ke dalam tema yang di berikan di kelas. Terimakasih kami haturkan kepada Allah dan LPPM Universitas Kanjuruhan Malang


Kata kunci : Vocabulary song, kosa kata Bahasa Inggris, EYL

Article Details

How to Cite
Mafulah, S., & Hariyanto, F. A. (2017). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA LAGU “VOCABULARY SONG” PADA GURU SD SE-KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), (65–73). https://doi.org/10.21067/jpm.v2i1.1740
Section
Articles