PENDAMPINGAN TEKNIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI GUGUS SEKOLAH 11 ARJOWINANGUN KOTA MALANG
Main Article Content
Abstract
Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk (1) mendampingi guru di lembaga yang belum memahami dan menyusun model dokumen pembelajaran dan perencanaan (program tahunan, program semester, rencana kegiatan mingguan, rencana program pembelajaran harian) sesuai K13 PAUD (2) mendampingi guru yang masih belum memahami pembelajaran dengan K13 yang terintegrasi dengan lingkungan sekolah(3) mendampingi guru memahami perbedaan esensial untuk penetapan K13 PAUD yang akan menerapkan scientific dalam penerapannya dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya (4) mendampingi guru dalam penyusunan K13 PAUD secara komprehensif dan langsung di situasi pembelajaran. Kegiatan ini menggunakan metode pendampingan dalam implementasi K13 PAUD. Berdasarkan hasil pendampingan yang dilakukan (1) guru sangat tertarik dengan K13 PAUD dan sudah memahami secara komprehensif K13 PAUD; (2) guru masih mempunyai kendala dalam analisis murid (observasi) dan penilaian (marking) dan menilai butuh pendampingan atau pelatihan lanjutan untuk memahami dan menerapkannya, khususnya di wilayah spesifik (3) guru sangat tertarik dengan pendekatan scientific; (4) guru mampu menyusun dokumen pembelajaran dan perencanaan sesuai K13 PAUD.
Kata Kunci: kurikulum, pendampingan teknis, implementasi
Article Details
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.