STANDARISASI KUALITAS GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DENGAN PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Main Article Content

Mohammad Mukhlas
Sofwan Hadi

Abstract

Standart kualitas pendidikan tercermin dari meratanya kualitas guru yang ada diberbagai daerah di Indonesia. MI Mambaul Huda Ngabar Ponorogo merupakan sekolah yang mempunyai tujuan agar bisa menjadi sekolah terstandar. Pengabdian Masyarakat ini dilakukan untuk menstandarkan kualitas guru dengan mengadakan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di MI Mambaul Huda Ngabar Ponorogo. Penulisan PTK merupakan salah satu usaha agar guru menyelesaikan masalah yang ada dalam kelas. Pengabdian Masyarakat menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) pada proses pendekatan pengabdian Masyarakat. Pelatihan PTK ini menghasilkan produk berupa PTK yang sudah dibuat oleh bapak/ibu guru MI Mambaul Huda dengan 87% peserta tertarik mengikuti kegiatan pelatihan dan 85% berminat untuk mengikuti kegiatan penulisan PTK. Pelatihan PTK memperoleh hasil dua. Pertama berkaitan dengan pengalaman setelah mengikuti kegiatan pelatihan. Pengalaman pribadi yang berkaitan dengan kesadaran untuk belajar, kesadaran untuk melakukan penelitian, dan peningkatan kemampuan individu. Kedua berkaitan dengan menjadikan pelatihan PTK sebagai bahan kajian peningkatan profesionalitas guru di Madrasah Ibtidaiyah.


 


Kata Kunci : Asset Based Community Development, Standarisasi Pendidikan, Penelitian Tindakan Kelas

Article Details

How to Cite
Mukhlas, M., & Hadi, S. (2017). STANDARISASI KUALITAS GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DENGAN PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), (83–89). https://doi.org/10.21067/jpm.v2i1.1743
Section
Articles