PENGARUH SIZE KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN AUDITOR TENURE TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Authors

  • Indah Trianingsih
  • Koenta Adji Koerniawan
  • R. Anastasia Endang Susilawati

Keywords:

Kualitas audit, Size KAP, dan Auditor Tenure

Abstract

Penelitian ini bermaksud menguji tentang pengaruh size Kantor Akuntan Publik terhadap kualitas audit, pengaruh auditor tenure terhadap kualitas audit, serta pengaruh size Kantor Akuntan Publik dan auditor tenure secara silmutan terhadap kualitas audit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah merupakan metode Deskriptif Kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder bentuk laporan keuangan perusahaan dalam kurun waktu 4 tahun yaitu mulai tahun 2010 sampai dengan 2014. Populasi yang diambil adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan yaitu 136 sampel laporan keuangan. Teknik data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji parsial, uji silmutan, dan uji determinasi. Size KAP diukur dengan ukuran big four dan internasional serta non big four dan non internasional, dan auditor tenure diukur dengan menghitung  jumlah tahun sebuah KAP mengaudit laporan keuangan secara berurutan. Sedangkan Hasil analisis menunjukkan secara parsial variabel size Kantor Akuntan Publik berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit,. Variabel auditor tenure berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, Sedangkan variabel size Kantor Akuntan Publik dan auditor tenure secara silmutan berpengaruh terhadap kualitas audit.

 

Downloads

Published

2015-10-15

How to Cite

Trianingsih, I., Koerniawan, K. A., & Susilawati, R. A. E. (2015). PENGARUH SIZE KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN AUDITOR TENURE TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). urnal iset ahasiswa kuntansi, 3(2). etrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1025

Issue

Section

Articles