PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UKURAN KAP, JENIS OPINI, DAN LABA/RUGI USAHA TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Kasus pada Perusahaan Rokok yang Listing di BEI Tahun 2010 - 2013)

Authors

  • Risda Ayu Rosyana
  • Supami Wahyu Setiyowati
  • R. Anastasia Endang Susilawati

Keywords:

Audit delay, ukuran perusahaan, ukuran KAP, jenis opini, dan laba/rugi usaha

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, ukuran KAP, jenis opini dan laba/rugi usaha terhadap audit delay pada perusahaan rokok yang listing di BEI baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanasi. Model penelitian yang digunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh ukuran perusahaan, ukuran KAP, jenis opini, dan laba/rugi usaha terhadap audit delay pada perusahaan rokok yang listing di BEI. Jangka waktu pengambilan data adalah 4 tahun agar sampel yang di dapat lebih besar. Populasi penelitian ini adalah perusahaan rokok yang listing di BEI tahun 2010-2013 dengan metode sampel yang dipakai yaitu Purposive Sampling dan di peroleh sampel 3 perusahaan. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah secara parsial variabel laba/rugi usaha berpengaruh terhadap audit delay. Variabel ukuran perusahaan jenis opini danukuran KAP tidak memiliki pengaruh terhadap audit delay. Data yang dipakai adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data berupa dokumen.

Author Biography

Supami Wahyu Setiyowati


Downloads

Published

2015-10-15

How to Cite

Rosyana, R. A., Setiyowati, S. W., & Susilawati, R. A. E. (2015). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UKURAN KAP, JENIS OPINI, DAN LABA/RUGI USAHA TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Kasus pada Perusahaan Rokok yang Listing di BEI Tahun 2010 - 2013). urnal iset ahasiswa kuntansi, 3(2). etrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1027

Issue

Section

Articles