Analisis Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan yang Terdaftar DI BEI

Authors

  • Fernanda Lady Pratiwi
  • R. Anastasia Endang Susilawati
  • Nanang Purwanto

Keywords:

Good Corporate Governance, Manajemen Laba

Abstract

Good Corporate Governance dalam proksi mekanisme terdiri dari kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen dan komite audit diindikasikan berpengaruh terhadap manajemen laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme good corporate governance yang diukur dengan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen dan komite audit secara parsial terhadap manajemen laba. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 26 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2014. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, dan analisis linier berganda.
Berdasarkan analisir regresi menunjukkan bahwa Kepemilikan institusional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Dewan komisaris independen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Komite audit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba.

Downloads

Published

2016-04-02

How to Cite

Pratiwi, F. L., Susilawati, R. A. E., & Purwanto, N. (2016). Analisis Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan yang Terdaftar DI BEI. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1212

Issue

Section

Articles