Sistem Pengendalian Internal dalam Meminimalisasi Piutang Tak Tertagih pada PT. BFI Finance cabang Malang 2
Keywords:
Sistem Pengendalian Internal, Piutang Tak TertagihAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana sistem pengendalian internal atas piutang yang diterapkan oleh PT. BFI Finance Indonesia, Tbk cabang Malang 2. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif Jenis dan Sumber Data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara serta dari dokumen. Definisi operasional yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem pengendalian internal, proses pemberian kredit, serta proses penyelesaian kredit Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal perusahaan tidak begitu dilaksanakan hanya sebatas prosedur tetapi tidak dijalankan. Dalam kelayakan pemberian kreditnya PT. BFI Finance Indonesia, Tbk cabang Malang 2 belum menggunakan prinsip penilai 5C yang menerapkan unsur-unsur kredit guna menjaga kelancaran atas pemberian kredit serta dapat meminimalkan kredit bermasalah. Yang dimana kredit bermasalah disebabkan karena kurang ketatnya prosedur pemberian kredit serta adanya faktor internal perusahaan yang dilakukan oleh karyawannya sendiri. Dalam proses penyelesaian kredit PT. BFI Finance Indonesia, Tbk cabang Malang 2 ini sudah memiliki prosedur yang baik sesuai dengan yang dijelaskan menurut teori dimana penyelesain kredit dimulai dari menghubungi melalui telepon, mengirim surat peringatan, kunjungan personal, serta tindakan yuridis.Downloads
Published
2016-04-12
How to Cite
Khomariyah, L., Sulistyo, S., & Mustikowati, R. I. (2016). Sistem Pengendalian Internal dalam Meminimalisasi Piutang Tak Tertagih pada PT. BFI Finance cabang Malang 2. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1271
Issue
Section
Articles