Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater dan Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa : Analisis Perspektif Ekonomi Islam Dengan Penerapan Akad Ijarah
DOI:
https://doi.org/10.21067/jrma.v13i2.12766Keywords:
shopee paylater, literasi keuangan, perilaku konsumtif, ekonomi islamAbstract
Tujuan dari penelitian berikut ialah guna mendapatkan informasi bagaimana perilaku konsumen mahasiswa diberikan pengaruh oleh pemakaian Shopee Paylater dan literasi keuangan, dan pengaruh perspektif ekonomi Islam dan metode akad ijarah selaku faktor moderasi. Pengambilan sampel dengan cara purposive dipakai bersamaan dengan pendekatan kuantitatif pada penelitian berikut guna menghasilkan sampel penelitian sebanyak 96 responden. SmartPLS 4.0 dipakai guna menganalisis data dengan memakai inner model, model pengukuran, outer model, dan pengujian hipotesis, yang meliputi analisis moderasi (MRA). Temuan penelitian memperlihatkan bahwasannya meskipun literasi keuangan mempunyai dampak negatif yang bisa diabaikan kepada perilaku pembelian mahasiswa, pemanfaatan Shopee PayLater mempunyai dampak yang positif dan besar. Dampak Shopee PayLater kepada perilaku konsumen diperkuat oleh perspektif ekonomi Islam (akad ijarah), tetapi pengaruh literasi keuangan melemah. Penelitian berikut memperlihatkan betapa pentingnya memasukkan nilai-nilai syariah ke pada manajemen perilaku konsumen di era layanan keuangan digital.
References
Arwin, A., Yuliana, Y., Weny, W., Lo, C., Kuan, J., Perusahaan, M., Cendana, P., Utara, S., Internasional, M. P., Cendana, P., & Utara, S. (2022). Jurnal E-Bis : Ekonomi-Bisnis Analisis Niat Konsumen dalam menggunakan QRIS Dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior ( TPB ) mendorong Bank Indonesia menerbitkan Quick Response Code Indonesian Standard ataupun yang. 6(2), 680–690.
Bakar, A. (2020). Prinsip Ekonomi Islam di Indonesia pada Pergulatan Ekonomi Milenial.
Fajrussalam, H., Hartiani, D., Anggraeni, D., Malida, I., Merliana, N., Ropiah, R. L., Indonesia, U. P., & Purwakarta, K. (2022). Analisis pembayaran paylatter pada aplikasi shopee menurut perspektif islam. 6(2), 265–290.
Haiqal, M. R. (2024). Pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap minat mahasiswa menggunakan paylater (studi pada mahasiswa universitas muhammadiyah sorong) 1). Bahtiar 2020, 413–427.
Hamdi, B. (2022). Prinsip dan Etika Konsumsi Islam ( Tinjauan Maqashid Syariah ). 23(1), 1–15.
Hardiati, N., & Kusmawati, T. (2024). Akad Ijarah pada Perspektif Fuqaha dan Relevansinya terhadap Perkembangan Ekonomi. 1(April), 187–196.
Hariyani, R. (2022). Urgensi Literasi Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia. 6(1), 46–54.
Islami, F. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Money dan Sistem Pembayaran Shopee PayLater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada Perspektif Syari’ah. 9(2), 339–344.
Julita, E., B, I., & Yustati, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Shopee Paylatter terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim. 8(03), 2953–2957.
Miranda, Nurjanah, & Pospos, A. F. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan , Locus of Control Dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. 9(1), 36–52.
Mujahidah, A. N. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif dan Penanganannya.
Mursalina, A., Hasanah, & Efriani. (2024). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pengguna Shopee Paylater Consumptive Behavior of Shopee Pay later User Students. 5(1), 29–51.
OJK, O. J. K. (2022). Literasi Keuangan.
Piabang, C. R., Roslan, S., & Supiyah, R. (2023). Perilaku Konsumtif Remaja pada Berbeanja Melalui Online Shop di Kelurahan Anduonohu Kecamatan Poasia Kota Kendari. 10(2), 117–123.
Pohan, M., Azhar, M. E., Purnama, N. I., & Jasin, H. (2022). Model Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Swasta Di Kota Medan. 6(April), 1498–1508.
Ramadani, M. R., & Riska, C. W. (2023). Al-Sharf Al-Sharf Jurnal Ekonomi Islam. 4(2), 129–141.
Umari, Z. F. (2023). Sosialisasi Ijarah pada Hukum Islam. 283–290.
Wibowo, S. N., & Adinugraha, H. H. (2024). Analisis Sistem Paylater terhadap Perilaku Impulse Buying Mahasiswa pada Era Digital Menurut Perspektif Islam. 6(1), 55–62.
Widiawati, L., Yasin, F. H., Munandar, A., Studi, P., Akuntansi, M., & Unggul, U. E. (2024). The importance of credit risk management in buy now pay later (bnpl) schemes. 7, 10014–10020.
Yuspira, P., Pane, S. G., Studi, P., Pembangunan, E., Sains, F. S., Pembangunan, U., Budi, P., Medan, K., Utara, P. S., & Pane, S. G. (2024). Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. 2(1), 31–43.






