Pengaruh Partisipasi Organisasi Profesi Akuntansi terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Akuntansi dengan Soft Skills sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.21067/jrma.v13i2.12923Keywords:
Partisipasi Organisasi Profesi Akuntansi, Kesiapan Kerja, Soft Skills, Mahasiswa Akuntansi, IAI MudaAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh partisipasi organisasi profesi akuntansi terhadap kesiapan kerja mahasiswa akuntansi dengan soft skills sebagai variabel intervening. Sampel penelitian adalah 44 pengurus aktif Anggota Muda IAI Wilayah Jawa Timur Komisariat Kediri, diambil menggunakan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda, uji-t, uji koefisien determinasi (R²), dan analisis jalur dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi organisasi profesi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, serta terhadap soft skills. Selanjutnya, soft skills juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja. Namun, analisis jalur menemukan bahwa soft skills tidak memediasi secara signifikan pengaruh partisipasi organisasi profesi akuntansi terhadap kesiapan kerja. Hal ini diduga karena responden yang belum merasakan peran mediasi soft skills secara konkret dalam transisi ke dunia kerja. Penelitian ini merekomendasikan studi lanjutan yang melibatkan alumni untuk validasi peran mediasi soft skills yang lebih komprehensif.
References
Afif, N., & Arifin, A. H. (2022). Kesiapan Kerja Mahasiswa Akuntansi Di Era Digital: Cukupkah Hanya Hard Skills? KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 14(1), 50–62. https://doi.org/10.22225/kr.14.1.2022.50-62
Amdanata, D. D., Burhan, B., Seswandi, A., & Annisava, A. R. (2023). Siapkah Mahasiswa Akuntansi Menghadapi Artificial Intelligence Dalam Akuntansi? Jurnal Akuntansi Kompetif, 6(1), 163–174. https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v6i1.1282
Aswar, K., & Ermawati, E. (2019). Pengadopsian Akuntansi Akrual di Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Provinsi Banten). EQUITY, 22(1), 62–74. https://doi.org/10.34209/equ.v22i1.809
Bawazir, M. M. F., & Suhana, S. (2023). Pengaruh SoftSkill Terhadap Kesiapan Kerja Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Stikubank Semarang. Jesya, 6(2), 2277–2288. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1123
BPS - Statistics Indonesia. (2024). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan (Orang), 2024. https://www.bps.go.id/id/statistics
Deswarta, Mardiantty, D., & Bowo. (2023). Pengaruh Soft Skill, Hard Skill Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Riau Dimasa Endemi Covid 19. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 1). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Erawan, N. M. A. N. P., & Wirakusuma, M. G. (2022). Kesiapan Kerja Calon Akuntan di Era Pandemi Covid-19. E-Jurnal Akuntansi, 32(4), 1032. https://doi.org/10.24843/EJA.2022.v32.i04.p15
Fajriyani, D., Fauzi, A., Kurniawati, M. D., Yudo, A., Dewo, P., Fahri Baihaqi, A., Nasution, Z., & Penulis, K. (2023). Tantangan Kompetensi SDM dalam Menghadapi Era Digital (Literatur Review). 4(6). https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i6
Khodijah, S., Nurajizah, S., & Irham, I. (2024). Kontribusi Organisasi Terhadap Pendidikan Karakter dan Kesiapan Profesional Mahasiswa. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(3), 1773. https://doi.org/10.35931/aq.v18i3.3439
Khoiroh, M., & Prajanti, S. D. W. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Praktik Kerja Industri, Penguasaan Soft Skill, Dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1010–1024. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28336
Kirani, F. F., & Chusairi, A. (2022). TINJAUAN SISTEMATIS: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN KERJA. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 821–828. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.646
kumparan.com. (2021). Nadiem Sebut 80% Mahasiswa yang Lulus Bekerja Tak Sesuai Prodinya.
Meliana, & Jaeni. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 15(1), 205–215. http://journal.stekom.ac.id/index.php/kompakpage205
Munawir, M., Najib, F., & Aini, G. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Organisasi Profesi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 442–446. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1153
Patimah, T., & Sumaryoto, S. (2024). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Motivasi Kerja terhadap Kesiapan Kerja. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 7(2), 230. https://doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20331
Putri Pambajeng, A., Maya Kumala Sari, H., Studi Manajemen, P., & Muhammadiyah Sidoarjo, U. (2024). The Influence Of Internship Experience, Work Motivation, And Soft Skills On College Student Work Readiness In Entering The World Of Work Pengaruh Pengalaman Magang, Motivasi Kerja, Dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Dalam Memasuki Dunia Kerja.
Setiarini, H., Prabowo, H., & Henry Casandra Gultom, dan. (2022). Pengaruh Soft Skill Dan Pengalaman Magang Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), 2022.
Siregar, I. F. (2019). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Komputer Akuntansi Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Siswa SMK N 1 Tapung. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 2(3), 227–232. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v2i3.311
Wijayanti, U., Matulessy, A., & Rini, A. P. (2020). Efektifitas Pelatihan Kepercayaan Diri Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Tingkat Akhir, Ditinjau Dari Jenis Kelamin.
Yuliyaningsih, P., & Aliyyah, R. R. (2024). Manajemen Keuangan: Persepsi Himpunan Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Karimah Tauhid, 3(2), 2459–2476. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12011






