Analisis Perencanaan Laba untuk Meningkatkan Kinerja Keuangan Usaha Es Kepal MMTC Milo

Authors

  • Tuti Sriwedari Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Raja Satrio Pandiangan Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Irvan Aldi Josua Marpaung Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Nielsen Samuel Panahatan Siagian Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21067/jrma.v13i2.13074

Keywords:

Perencanaan Laba, Kinerja Keuangan, Usaha Kecil, Profitabilitas Usaha, Analisis Manajerial

Abstract

Penelitian ini menganalisis Peran Perencanaan Laba dalam Meningkatkan Kinerja Keuangan pada Usaha Es Kepal Milo MMTC di Medan. Perencanaan laba berperan penting dalam menetapkan target keuntungan, mengendalikan biaya, dan menjaga stabilitas keuangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan pemilik usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun perencanaan laba diterapkan secara sederhana, hal ini efektif meningkatkan efisiensi biaya, menstabilkan arus kas, dan mendukung pertumbuhan laba. Pemilik usaha melakukan perencanaan dengan memperkirakan penjualan, mengontrol bahan baku, dan menetapkan target laba realistis. Faktor seperti kemampuan manajerial, persaingan pasar, serta fluktuasi harga bahan baku memengaruhi perencanaan laba. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa perencanaan laba berperan penting dalam meningkatkan kinerja keuangan dan keberlanjutan usaha kecil.

References

Alhazami, L., Judijanto, L., Harto, B., Sulistianingsih, S., Utami, A. T., Rustam, H. A., & Meta, W. (2024). Manajemen Keuangan: Praktik bagi Wirausaha Pemula. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ali, M. (2025). Dinamika Tren Kuliner Asing dan Tantangan Pelestarian Kuliner Tradisional di Indonesia. Journal Of Economics, Business, Management, Accounting And Social Sciences, 3(3).

Alifia, R. D., Adani, J. R., Zahrah, A. N., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2024). Strategi Perencanaan Bisnis untuk Meningkatkan Keberhasilan Usaha. Economics And Business Management Journal (EBMJ), 3(01), 5–11.

Amalia, A. N., & Khuzaini, K. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan struktur modal terhadap kinerja keuangan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(5).

Ardiyansyah, A., Fahrizal, F., Latief, S., & Afrizal, A. (2024). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Jasa Bellshoes Loundry. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(1), 879–885. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v8i1.1774

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92–101. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Aurellia, R. A. C. D., Putri, N. P., Sabila, F. R., Bunjamin, F. A., & Oktavia, D. T. (2025). Analisis Strategi Cost Leadership dan Differentiation terhadap Kinerja Perusahaan: Sebuah Systematic Literature Review. Integrative Perspectives of Social and Science Journal, 2(2B April), 2195–2208.

Azzahra, F., Solihin, A., & Wijaya, S. (2024). Analisis Manajemen Keuangan Dan Pembiayaan Pada Pengembangan Kewirausahaan Dan Ukm Di Pekon Sinar Petir. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 8(3), 2107–2121.

Bhaskoro, F. H. Y., & Wijayanti, H. T. (2025). Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Melalui Peran Akuntansi Manajerial: Tinjauan Literatur dan Implikasinya terhadap Efektivitas Keputusan Keuangan. Economics and Digital Business Review, 6(2), 955–963.

Boianovsky, M. (2020). Paul Samuelson’s ways to macroeconomic dynamics. The European Journal of the History of Economic Thought, 27(4), 606–634.

Christafinesha, I., & Oktari, V. (2024). Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Menurunnya Penjualan Home Industry Risolmayo di Desa Sukadami. JUEB: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(4), 41–46.

Danieela, A. M., Ridhawati, R., & Sasanti, E. E. (2025). Praktik Akuntansi dalam Perspektif Pedagang Sate Bulayak di Desa Suranadi. Jurnal Ilmiah Global Education, 6(2), 637–649.

Dong, Q., Huo, D., & Wang, K. (2023). Risk measurement and application of the international carbon market in the era of global conflict: A data-driven study using FCM. Journal of Environmental Management, 342, 118251.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Firmansyah, N. (2025). Pengelolaan Keuangan Usaha Kecil Menengah di Desa Karangrejo, Kabupaten Kediri: Studi Kasus pada Dampaknya terhadap Peningkatan Pendapatan dan Pengelolaan Risiko. SELAYAR: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 77–83.

Gunawan, E. R. S., & Sepriano, S. (2025). Buku Referensi Tips keuangan untuk Pengusaha Pemula. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Haro, A., Kushariyadi, K., Widyawati, W., Fauziyah, N. N., & Judijanto, L. (2024). Perilaku Konsumen: Esensi, Posisi, dan Strategi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Irman, M., Samosir, T. L., & Suryani, L. H. (2020). Analisa anggaran biaya operasional sebagai alat perencanaan dan pengendalian dalam meningkatkan laba pada PT. Kimia Farma Trading and Distribution Pekanbaru. Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(1), 68–79.

Izak, L. U., Merdana, S. V., Rahmawati, D. S. I., & Ikaningtyas, M. (2024a). Analisis Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis Untuk Meningkatkan Laba Umkm Soto Ayam Lamongan Pak Noto. Jurnal Media Akademik (Jma), 2(4).

Izak, L. U., Merdana, S. V., Rahmawati, D. S. I., & Ikaningtyas, M. (2024b). Analisis Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis Untuk Meningkatkan Laba Umkm Soto Ayam Lamongan Pak Noto. Jurnal Media Akademik (Jma), 2(4).

KRISMONO, R. (2021). Analisis Peranan Anggaran Operasional Sebagai Alat Perencanaan Dan Pengendalian Laba (Studi Kasus Pada Hotel Lava View Lodge Probolinggo). STIE Malangkucecwara.

Larassati, S. I., Rizqi, F. N. A., & Kusumaningrum, H. (2024). Strategi Pengembangan Kewirausahaan dan Dinamika Kompetitif Untuk Menciptakan Inovasi. Student Scientific Creativity Journal, 2(4), 236–245.

Marni, M., Belo, Y., & Liber, P. (2024). Menjadi Entrepeneur Sukses: Strategi dan Maindset untuk Menghadapi Tantangan Diera Digital. Journal of Student Research, 2(6), 1–12.

Nata, A. A. L., Riani, N., Marantika, A., & Apriani, E. (2021). Perencanaan laba dengan titik impas sebagai dasar pengambilan keputusan bagi pihak pengelola CV. Randu Sari Satu. Derivatif: Jurnal Manajemen, 15(1), 43–56.

Nugrahanti, T. P., Marsasi, E. G., Semmawi, R., Gusti, Y. K., & Azizi, M. (2024). Pengembangan pelatihan keterampilan manajerial bagi pengusaha kecil dan menengah dalam meningkatkan daya saing bisnis di era digital. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2747–2753.

Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi data dalam analisis data kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826–833.

Periyadi, P., Maulida, N., & Muttaqin, I. (2025). Pengaruh pendapatan biaya serta efesiensi beban operasional dalam mengukur kinerja keuangan perusahaan: Studi kasus pada CV. Intiga Harapan Sukses. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 4(2), 62–74.

Pradiptyaa, A., Rahim, P. A., & Melinia, N. H. (2025). Analisis Penentuan Gross Margin Dengan Metode Process Costing Pada PT Sukun Niaga Utama. Muara Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, Manajemen & Bisnis, 1(3), 63–84.

Rafsandjani, R. F. (2017). Pengantar Bisnis Bagi Pemula: Bisnis. Kautsar Abadi.

Rotinsulu, C. N. M. (2025). Optimalisasi Arus Kas dan Nilai Pemegang Saham. Takaza Innovatix Labs.

Sabrina, R. (2021). Manajemen sumber daya manusia (Vol. 1). umsu press.

Shadiq, A. F. I., Konisi, L. Y., & Ndita, A. W. (2025). Ragam Bahasa Pada Media Sosial Instagram: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Pesastra (Pendidikan Bahasa Dan Sastra), 2(2), 102–111.

Sudianto, S. (2023). Analisis pengaruh kinerja keuangan dalam memprediksi pertumbuhan laba. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(2), 748–754.

Sulistiyani, Aditya Pratama, & Setiyanto. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kmpetitif. https://doi.org/https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4029

Wati, F. F., Hidayati, N., Maulidah, M., Khalimah, S., & Nugraha, G. P. (2025). Peningkatan Daya Saing Produk UMKM Sampurna Jaya Desa Sidapurna Melalui Pelatihan Branding dan Packaging. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jabdimas.v8i1.7429

Yanto, M. (2020). Penerapan Cost–Volume–Profit (Cvp) Sebagai Dasar Perencanaan Laba Pada Cv. Usaha Bersama Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 9(2), 369–386.

Downloads

Published

2025-11-03

How to Cite

Sriwedari, T., Pandiangan, R. S., Marpaung, I. A. J., & Siagian, N. S. P. (2025). Analisis Perencanaan Laba untuk Meningkatkan Kinerja Keuangan Usaha Es Kepal MMTC Milo . Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 13(2), 254–263. https://doi.org/10.21067/jrma.v13i2.13074