Faktor-faktor yang Memengaruhi Ketertarikan Mahasiswa akuntansi untuk Bekerja Sebagai Akuntan Publik
DOI:
https://doi.org/10.21067/jrma.v13i2.13168Keywords:
penghargaan finansial, pelatihan profesional, persepsi mahasiswa, akuntan publik, Theory of Planned Behavior, Expectancy Theory, pertimbangan pasar kerjaAbstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis faktor penentu ketertarikan mahasiswa akuntansi untuk bekerja menjadi seorang akuntan publik dengan menggunakan konstruksi yang berasal dari Theory of Planned Behavior dan Expectancy Theory, yaitu penghargaan finansial, pelatihan profesional, pertimbangan pasar kerja, dan persepsi mahasiswa. Populasi dalam studi ini mencakup seluruh mahasiswa Program Studi Akuntansi Sektor Publik. Didikarenakaankan banyaknya populasi sangat kecil, studi ini melibatkan semua populasi untuk dijadikan responden dengan jumlah 165 mahasiswa melalui kuesioner dan analisis Partial Least Square menggunakan aplikasi SmartPLS Temuan studi mengatakan bahwa penghargaan finansial, pelatihan profesional, pertimbangan pasar kerja, dan persepsi mahasiswa memengaruhi ketertarikan mahasiswa akuntansi untuk bekerja menjadi akuntan publik. Temuan ini memberikan bukti empiris ditinjau dari pembentukan niat dan perilaku yaitu Theory of Planned Behavior dan pembentukan motivasi dan harapan yaitu Expectancy Theory yang digunakan sebagai sebuah teori untuk menjelaskan pembentuk ketertarikan karir dan menciptakan motivasi untuk bekerja di sektor publik.
References
Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195
Ariyani, M., & Jaeni, J. (2022). Persepsi mahasiswa akuntansi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi ketertarikan pemilihan karir menjadi akuntan publik. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(1), 624–637. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.624
Badan Pusat Statistik. (2025). Jumlah penduduk pertengahan tahun (ribu jiwa). https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk3NSMy/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun--ribu-jiwa-.html
Barclay, D. W., Higgins, C. A., & Thompson, R. (1995). The Partial Least Squares (PLS) aPnplroach to causal modeling: Personal computer adoption and use as an illustration. Technology Studies, 2(2), 285–309.
Devitasari, A. N. (2023). Pengaruh motivasi, pertimbangan pasar kerja dan financial reward terhadap ketertarikan mahasiswa akuntansi untuk bekerja sebagai akuntan publik [Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Eldad, E., Antong, A., & Usman, H. (2025). The influence of perception, motivation and financial rewards on accounting students' career interest in becoming public accountants. Journal of Economics and Business Education, 7(3), 2098–2111.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Konsep, teknik dan aplikasi SmartPLS 3.0 untuk studi empiris (2nd ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., & Danks, N. P. (2021). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, Inc.
Handayani, P., Zanaria, Y., & Darmayanti, E. F. (2023). Pengaruh gender, lingkungan kerja, pelatihan profesional, pertimbangan pasar kerja, dan persepsi mahasiswa terhadap profesi akuntan publik dan ketertarikan menjadi akuntan publik. Expensive: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 2(2), 193–204.
Hurlock, E. B. (1993). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi ke-5). Jakarta: Erlangga.
Imaniah, N., & Purba, M. A. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketertarikan mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik. Jurnal Universitas Putera Batam, 5(4).
Luthfitasari, M., & Setyowati, L. (2021). Persepsi mahasiswa akuntansi mengenai determinan yang mempengaruhi dalam pemilihan karir akuntan publik. Proceeding SENDIU, 156–164.
Ningsih, B. N. A. (2021). Pengaruh lingkungan keluarga, penghargaan finansial, dan gender terhadap ketertarikan berkarir menjadi akuntan publik. Jurnal Ilmu Akuntansi, 3(2).
Putri, A. C. (2024). Persepsi mahasiswa akuntansi, pertimbangan pasar kerja dan penghargaan finansial terhadap pemilihan karir mahasiswa akuntansi Universitas Medan Area menjadi akuntan publik di era 5.0 [Skripsi, Universitas Medan Area]. Universitas Medan Area Repository.
Rofikah, S. (2022). Pengaruh pertimbangan pasar kerja, penghargaan finansial, dan nilai intrinsik pekerjaan terhadap ketertarikan pemilihan karir sebagai akuntan publik (studi empiris pada mahasiswa akuntansi Universitas Wiraraja Madura). Journal of Accounting and Financial Issue (JAFIS), 3(1), 49–69.
Safitri, S. W. (2022). Pengaruh penghargaan finansial, pelatihan profesional, pertimbangan pasar kerja, dan nilai-nilai sosial terhadap ketertarikan mahasiswa akuntansi Universitas Medan Area dalam pemilihan karir menjadi akuntan publik [Skripsi, Universitas Medan Area]. Universitas Medan Area Repository.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode studi untuk bisnis: Pendekatan pengembangan-keahlian (edisi ke-6, cetakan ke-2). Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Setiawan, D. (2022). Jumlah sedikit, IAPI ajak mahasiswa UWKS jadi akuntan publik. Bhirawa Online. https://www.harianbhirawa.co.id/jumlah-sedikit-iapi-ajak-mahasiswa-uwks-jadi-akuntan-publik/
Syarief, H. A., Boedi, S., Syahdan, S. A., & Ruwanti, G. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi ketertarikan mahasiswa akuntansi dalam memilih karir sebagai akuntan publik. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 8(3), 2292–2305. https://doi.org/10.33395/owner.v8i3.2292
Wardiningsih, R. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketertarikan mahasiswa akuntansi Universitas Mataram dalam pemilihan profesi sebagai akuntan publik. MANAZHIM, 5(1), 126–139. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2779
Yanti, W. F. A., & Annisa. (2023a). Pengaruh penghargaan finansial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja terhadap ketertarikan menjadi akuntan pemerintah (studi kasus pada mahasiswa akuntansi S1 Universitas Negeri Padang). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2). http://Pnplpk.kemenkeu.go.id






