ANALISIS KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH KABUPATEN MANGGARAI BARAT NUSA TENGGARA TIMUR

Authors

  • Iwaldus Pebri Mari
  • Anwar Made
  • Doni Wirshandono Yogivaria

Keywords:

Tingkat Kemandirian Keuangan, Efektivitas dan Efisiensi, Rasio Keserasian dan Rasio Pertumbuhan Keuangan.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui tingkat kemandirian keuangan pada Kabupaten Manggarai Barat 2) Untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi pada Kabupaten Manggarai Barat 3) Untuk mengetahui rasio keserasian pada Kabupaten Manggarai Barat dan 4) Untuk mengetahui rasio pertumbuhan keuangan pada Kabupaten Manggarai Barat.

Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian yang bersifat studi kasus, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif, yaitu data yang berbentuk angka-angka yang dikumpulkan kemudian ditarik suatu kesimpulan dengan jalan membandingkan data yang satu dengan data yang lainnya dan dengan perhitungan-perhitungan dengan menggunakan data angka. Dalam hal ini, yaitu mengenai keuangan di Kabupaten Manggarai Barat. Adapun untuk mengukur kinerja keuangan Pemerintah Daerah di Kabupaten Manggarai Barat yang meliputi Rasio Kemandirian Keuangan Daerah, Rasio Efektifitas dan Efisiensi Pendapatan Asli Daerah, Rasio Aktivitas.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan penulis mengenai kinerja keuangan pemerintah Kabupaten Manggarai Barat tahun 2012 sampai  2015, maka dapat ditarik  kesimpulan sebagai berikut : Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa kinerja keuangan pada  Pemerintah Daerah Pada Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2012 sampai 2015 adalah rata-rata sebesar 7,58% yang masuk dalam kategori rendah sekali.  Dari hasil perhitungan rasio efektivitas pada Pemerintah Daerah Pada Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2012 sampai 2015 menunjukkan adanya kecenderungan mengalami peningkatan. Hasil tersebut dapat membuktikan bahwa Pemerintah Daerah Pada Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2013 sampai 2015 dapat dikategorikan efektif sedangkan pada tahun 2012 belum mampu mencapai afektivitas, hal tersebut dikarenakan rata-rata rasio yang telah dicapai adalah  112,40% lebih dari 1 (satu) atau 100% . Dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa secara umum Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2014-2015  menunjukkan adanya rasio pertumbuhan yang berfluktuasi. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan atas pencapain pertumbuhan atas pendapatan asli daerah setiap periodenya menunjukkan adanya pertumbuhan yang mengalami penurunan pada tahun 2015.

Downloads

Published

2016-10-11

How to Cite

Mari, I. P., Made, A., & Yogivaria, D. W. (2016). ANALISIS KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH KABUPATEN MANGGARAI BARAT NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1364

Issue

Section

Articles