ANALISIS KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DEWAN KOMITE AUDIT, DAN PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Authors

  • Rachmad wahyu novian
  • Nanang Purwanto
  • Eris Dianawati

Keywords:

profitabilitas, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komite audit, dan return saham

Abstract

Return Saham merupakan tingkat pengembalian dari hasil investasi atau jual beli saham. Dalam menjalani jual beli saham investor tidak selalu menanggung keuntungan, namun juga akan mengalami kerugian karena dalam bisnis investasi saham, seorang investor selalu dihadapkan pada resiko-resiko yang tidak terduga.
Sehubungan denganhal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Dan Komite Audit terhadapReturn Saham, penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, sebelumnya dianalisis dilakukan uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas, dan uji normalitas. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder, berupa Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dan Komite Audit sebagai variabel independen, dan return saham sebagai variabel dependen dengan total sampel sebanyak 28 perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas secara parsial berpengaruh terhadap return saham, kepemilikan manajerial secara parsial berpengaruh terhadap return saham, kepemilikan institusional secara parsial berpengaruh terhadap return saham, dan komite audit secara parsial berpengaruh terhadap return saham.
Bagi penelitilain yang menggunakan penelitian ini sebagai referensi diharapkan untuk menambah variabel-variabel lain yang diperkirakan mempengaruhi return saham. Misalnya Prince Earning Ratio, Dividend Yield, Book To Market Ratio, Audit Quality Dan Return On Equity.

Downloads

Published

2016-10-11

How to Cite

novian, R. wahyu, Purwanto, N., & Dianawati, E. (2016). ANALISIS KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DEWAN KOMITE AUDIT, DAN PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1365

Issue

Section

Articles