PENGARUH KUALITAS SDM DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENERAPAN SAP BERBASIS AKRUAL PP N0 71 TAHUN 2010 (STUDI KASUS PADA SKPD-SKPD PEMERINTAH KOTA MALANG)

Authors

  • Elsa Rosiana
  • Anwar Made
  • Doni Wirshandono Yogivaria

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, sap berbasis akrual

Abstract

Pada tahun 2015 seluruh SKPD yang ada di Republik Indonesia seharusnya sudah merubah akuntansi berbasis kas menuju akrual menjadi akuntansi berbasis akrual secara penuh. Beberapa kendala dan masalah dalam penerapannya yaitu belum siapnya sumber daya manusia baik secara kuantitas maupun kualitas di pemerintah pusat serta belum siapnya peraturan dan teknologi informasi yang mendukung pelaksanaan Standar Akuntansi Pemerintahan berbasis akrual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sumber daya manusia dan teknologi informasi terhadap penerapan laporan keuangan berbasis akrual sesuai dengan PP No 71 Tahun 2010. Sampel penelitian ini adalah Dinas Perhubungan, Dinas Pendapatan, Badan Pembangunan Perencanaan Daerah dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Malang yang mencakup kepala bidang, sekretaris, dan staf bagian keuangan, sehingga menghasilkan sebanyak 40 sampel. Teknik analisis data menggunakan  Analisis Regresi yang sebelumnya dilakukan uji validitas, reabilitas atas data yang telah diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif  terhadap kesiapan penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual. Sedangkan teknologi informasi berpengaruh negatif terhadap penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual.

Downloads

Published

2016-10-11

How to Cite

Rosiana, E., Made, A., & Yogivaria, D. W. (2016). PENGARUH KUALITAS SDM DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENERAPAN SAP BERBASIS AKRUAL PP N0 71 TAHUN 2010 (STUDI KASUS PADA SKPD-SKPD PEMERINTAH KOTA MALANG). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1373

Issue

Section

Articles