Analisis Pelaksanaan Profit-loss Sharing Pada Akad Mudharabah di Bank Syariah Mandiri

Authors

  • Agus Syahnanda Hasibuan
  • R. Anastasia Endang Susilawati
  • Rita Indah Mustikowati

Keywords:

Pembiayaan Mudharabah, Profit-loss sharing, Perbankan Syariah, Bagi hasil

Abstract

Islam sudah mengatur segala aspek kehidupan yang ada dibumi. Baik itu menjalin hubungan antara Pencipta dan ciptaan-Nya baik ciptaan dengan ciptaan-Nya. Dalam aspek ekonomi, Islam telah memiliki sistem perbankan tersendiri yang apabila diterapkan berdasarkan syariat Islam dapat mensejahterahkan masyarakat. Mudharabah adalah salah satu produk unggulan dari perbankan yang menggunakan sistem syariah. Perbedaan antara mudharabah dan produk perbankan syariah lainnya terletak pada sistem akhirnya yang menggunakan sistem bagi hasil. Bagi hasil merupakan pembeda antara bank konvensional dan bank yang berlandaskan syariah. Sampel penelitian adalah Bank Syariah Mandiri yang merupakan salah satu Lembaga Keuangan Syariah yang terbesar di Indonesia. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian menggunakan data kualitatif yang berbentuk dalam wawancara langsung dan dokumentasi.

Hasil penilitian menunjukkan bahwa pelaksanaan profit-loss sharing pada akad mudharabah masih belum 100% diterapkan berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist. Hal ini dikarenakan masih kurangnya sifat dalam memenuhi amanah dan rasa berdosa dalam melakukan kecurangan di kalangan masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya jaminan dalam pembiayaan dan adanya ketidakjelasan angka dalam menentukan ekspektasi rate yang telah ditetapkan oleh pihak bank dalam penghitungan nisbah bagi hasil. Pembiayaan mudharabah merupakan pembiayaan yang berdasarkan rasa saling sukarela dan rasa percaya, namun yang paling utama adalah bertakwa kepada Allah. Ketika sudah bertakwa kepada Allah, maka segala aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT dalam segala aspek kehidupan dapat menjadi hamba yang amanah baik itu dalam memenuhi akad dan menjauhi hal-hal yang dilarang Allah SWT.

Downloads

Published

2016-10-12

How to Cite

Hasibuan, A. S., Susilawati, R. A. E., & Mustikowati, R. I. (2016). Analisis Pelaksanaan Profit-loss Sharing Pada Akad Mudharabah di Bank Syariah Mandiri. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1388

Issue

Section

Articles