Pengaruh Karakteristik Komite Audit terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI)

Authors

  • Novi Arifianto Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan, Malang

Keywords:

Komite Audit, CFROA

Abstract

Penelitian ini menjelaskan hubungan antara karakteristik komite audit dengan kinerja keuangan pada perusahaan perbankan. Indikator yang dipakai untuk menjelaskan karakteristik komite audit dalam penelitian ini terdiri dari ukuran, independensi, pertemuan, dan kompetensi komite audit. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, karena sesuai dengan tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009-2011. Untuk menentukan sampel pilihan digunakan metode purposive sampling, dengan menggunakan metode ini maka didapatkan 25 perusahaan perbankan yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menujukan bahwa hanya independensi komite audit yang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan karakteristik yang lain yaitu ukuran, jumlah pertemuan, dan kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat lebih baik mengukur efektifitas komite audit dengan faktor-faktor kualitatif lainnya seperti kualitas diskusi, fee komite audit, budaya dan dinamika pertemuan komite audit yang mungkin memiliki dampak pada kinerja komite audit.

Downloads

Published

2013-10-24

How to Cite

Arifianto, N. (2013). Pengaruh Karakteristik Komite Audit terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/3

Issue

Section

Articles