PENGARUH FASILITAS E-FILING DAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP EFEKTIVITAS PELAPORAN SPT TAHUNAN PADA WILAYAH KABUPATEN KEDIRI DAN KABUPATEN NGANJUK (Studi Empiris pada Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pare)

Authors

  • Ranny Pohaici Ariyanto

Keywords:

e-Filing, Kepuasan, Efektivitas, SPT Tahunan

Abstract

e-Filing merupakan sistem sebuah layanan pengiriman atau penyampaian SPT secara elektronik baik untuk orang pribadi maupun badan (perusahaan dan juga organisasi) ke DJP melalui sebuah ASP (Application Service Provider) dengan memanfaatkan jalur komunikasi internet secara online dan realtime. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fasilitas e-Filing dan tingkat kepuasan pengguna terhadap efektivitas pelaporan SPT Tahunan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pare. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari metode survey yang merupakan wawancara secara langsung melalui kuesioner yang dikirimkan atau diberikan kepada responden dan diisi secara langsung dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Variabel yang dipergunakan yaitu fasilitas e-Filing dan tingkat kepuasan. Teknik analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda. Dari pengujian yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif secara signifikan fasilitas e-Filing terhadap efektivitas pelaporan SPT Tahunan pada KPP Pratama Pare, adanya pengaruh positif secara signifikan tingkat kepuasan terhadap efektivitas pelaporan SPT Tahunan dalam penggunaan fasilitas e-Filing pada KPP Pratama Pare, dan adanya pengaruh positif secara signifikan fasilitas e-Filing dan tingkat kepuasan terhadap efektivitas pelaporan SPT Tahunan pada KPP Pratama Pare. Hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkatnya Wajib Pajak dalam menggunakan sistem tersebut, maka semakin tinggi tingkat keefektivan sistem e-Filing dalam pelaporan SPT Tahunan.

Downloads

Published

2014-10-29

How to Cite

Ariyanto, R. P. (2014). PENGARUH FASILITAS E-FILING DAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP EFEKTIVITAS PELAPORAN SPT TAHUNAN PADA WILAYAH KABUPATEN KEDIRI DAN KABUPATEN NGANJUK (Studi Empiris pada Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pare). urnal iset ahasiswa kuntansi, 2(2). etrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/465

Issue

Section

Articles