SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMBELIAN DAN PENJUALAN BARANG PADA CV. INTIGA HARAPAN BANJARBARU

Authors

  • Maria Anastasia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin
  • Nida Putri Rahmayanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin
  • Sriyunia Anizar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin
  • Nicki Wahyu Andriani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.21067/jrma.v10i2.6992

Keywords:

Sistem Pengendalian Intern; Pembelian; Penjualan Barang

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui sistem pengendalian intern pembelian dan penjualan barang dagang yang selama ini dijalankan oleh CV. Intiga Harapan Banjarbaru dan memberikan masukan penerapan sistem pengendalian intern pembelian dan penjualan barang dagang yang sebaiknya dilakukan oleh CV. Intiga Harapan Banjarbaru. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem pengendalian intern pembelian dan penjualan barang dagang yang dijalankan CV. Intiga Harapan Banjarbaru selama ini belum memadai, yakni bagian administrasi merangkap serta bertanggungjawab atas bagian transportasi, gudang, pembelian dan penjualan barang dagangan serta ditemukannya beberapa dokumen pembelian dan penjualan barang dagang yang tidak mampu merekam seluruh transaksi untuk mendukung pencatatan yang benar.

References

Bahardiansyah, A., Yulianto, R., & Lestari, A. (2022). Analisis Sistem Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagang dan Penerapan Akuntansi. OSFPREPRINT, 1-23.
Baridwan. (2012). Accounting Intermediate. Jakarta: Salemba Empat.
Deborah, & Paramitha, M. (2022). Analisis Sistem Pengendaalian Internal Siklus Penjualan Pada CV. Nirwana Offset Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Teknik, 422.
Firdaus. (2018). Akuntansi Pengantar Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.
Hardianti, G., & Suhardi. (2021). Analisis Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada Cv. Boom Motorist. Prosiding Seminar Nasional (pp. 1-7). Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Khasanah, A. (2022). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dalam Menunjang Efektifitas Pengendalian Internal Penjualan Pada Cv.Metro Jaya Multimedia. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1-13.
Maharani, A., & Novianty, I. (2022). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pokok Pada CV. Kekha Mustika. Indonesian Accounting Literacy Journal, 1-14.
Maisarah. (2019). Analisis Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang Pada Cv Pp Lumajang. Seminar Nasional dan Call Paper, (pp. 1-7). Lumajang.
Mustika, I., Defri, & Piska, T. N. (2022). Analisis Sistem Persediaan Pada CV Tanaka Service. Jurnal Akmami , 1-8.
Wani, S. (2022). Analisis Pencatatan Dan Pelaporan Akuntansi Persediaan Barang Pada Cv. Citra Niaga Cemerlang. Journal Of International Taxation, Accounting, And Auditing, 1-18.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Anastasia, M., Rahmayanti, N. P., Anizar, S., & Andriani, N. W. (2022). SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMBELIAN DAN PENJUALAN BARANG PADA CV. INTIGA HARAPAN BANJARBARU. urnal iset ahasiswa kuntansi, 10(2), 205–216. https://doi.org/10.21067/jrma.v10i2.6992