Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban terhadap Anggaran sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi (Studi Kasus pada PG Krebet Baru Malang)

Authors

  • Ivan Fathony

Keywords:

Akuntansi pertanggungjawaban, anggaran dan pengendalian biaya

Abstract

PG Krebet Baru merupakan perusahaan yang berdiri sekitar tahun 1960an dan masih produktif sampai sekarang, Perusahaan ini memproduksi gula dengan bahan baku utama berupa tebu. Kegiatan produksi perusahaan dilakukan selama 6 bulan dalam satu periode dan perusahaan ini menerapkan akuntansi pertanggungjawaban yang berperan mengelolah RKAP perusahaan, sekaligus berfungsi sebagai sistem pengendali biaya produksi. Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif.  Penelitian  ini  juga menggunakan  studi  pustaka  dan wawancara  dengan  staf  bagian  keuangan pada  PG Krebet Baru untuk  memperoleh  data.  Metode  analisis  dari  penelitian  ini  adalah menganalisis  penerapan  akuntansi  pertanggungjawaban  dan pengendalian  biaya dengan cara membandingkan anggaran biaya produksi dengan realisasi biaya produksi yang diperoleh dari studi kasus. Dari  hasil  penelitian  pada PG Krebet Baru,  perusahaan  tersebut  belum menerapkan akuntansi pertanggungjawaban  dengan  cukup  baik,  hal  ini  dapat  diketahui  dengan adanya  beberapa  syarat-syarat  dan  karakteristik  yang  belum  dipenuhi. Perusahaan juga  belum menjalankan  pengendalian  biaya  dengan  baik,  hal  ini dapat  dilihat  dari adanya analisis terhadap penyimpangan biaya produksi yang diketahui dari selisih lebih lebih besar realisasi daripada anggaran, namun hal tersebut dikarenakan oleh perubahan kebijakan baik dari intern maupun ekstern  dan pengaruh iklim yang mempengaruhi selisi antara anggaran dengan realisasi. Perusahaan melakukan pencegahan hal tersebut dengan pengendalian biaya mengunakan Activity Based Management (ABM) yang telah dilakukan sejak tahun 2004.

Downloads

Published

2013-12-25

How to Cite

Fathony, I. (2013). Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban terhadap Anggaran sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi (Studi Kasus pada PG Krebet Baru Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/7

Issue

Section

Articles