PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK MELALUI TUGAS PROYEK PADA MATERI STATISTIKA SMP

Main Article Content

Rosita Dwi Ferdiani
Tatik Retno Murniasih

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian autentik berbasis tugas proyek pada materi statistika SMP. Jenis Penelitian ini adalah pengembangan dengan model pengembangan Borg & Gall, yang dibatasi pada beberapa tahap saja. Tahap-tahap tersebut meliputi: tahap pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk; dan tahap validasi dan ujicoba. Pada tahap pengumpulan informasi dimulai dengan penentuan materi dan analisis kebutuhan yang akan digunakan dalam pengembangan produk. Pada tahap perencanaan ini terdiri dari pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian yang menjadi kriteria penilaian autentik melalui tugas proyek. Sedangkan pada tahap pengembangan, terdapat beberapa langkah – langkah pengerjaan yaitu: membuat  rancangan  pembelajaran berbasis tugas proyek,  membuat soal untuk tugas proyek  yang berhubungan dengan materi statistika SMP kelas IX, membuat rubrik penilaian tugas proyek. Tahap validasi dilakukan oleh ahli pembelajaran dan ahli materi matematika. Untuk tahap ujicoba dilakukan pada siswa kelas IX SMP Al Inayah Purwosari, Pasuruan. Hasil validasi ahli pembelajaran menunjukkan hasil jumlah skor sebesar 78 dengan persentase 78%, dan rerata skor sebesar 3,95 dengan kategori “baikâ€. Sedangkan Hasil validasi ahli materi menunjukkan hasil jumlah skor sebesar 85 dengan persentase 85%, dan rerata skor sebesar 4,25 dengan kategori “baikâ€. Berdasarkan hasil validasi dari kedua ahli yaitu ahli materi dan ahli pembelajaran menunjukkan kategori baik, sehingga produk instrumen penilaian autentik berbasis tugas proyek layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi statistika SMP.

 

Kata Kunci: Penilaian, autentik, tugas proyek

Article Details

How to Cite
Ferdiani, R. D., & Murniasih, T. R. (2017). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK MELALUI TUGAS PROYEK PADA MATERI STATISTIKA SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(1), 66–73. https://doi.org/10.21067/jip.v7i1.1557
Section
Articles

References

Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Borg,W.R & Gall,M.G (1989), Educational Research: An Introduction (5th ed.). New York:Longman
Burton, K. 2011. A Framework for Determining The Authenticity of
Assessment Tasks: Applied to an Example In Law . Journal of
Learning Design.
Hamzah B. Uno dan Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Havnes, A and McDowell, L. 2008. Balancing Dilemmas in Assessment and Learning in Contemporary Education. New York: Master e Book.

Mueller, J. 2008. Authentic Assessment Toolbox. North Central Collegehttp:/ /www.noctrl.edu/,Naperville,http://jonathan.mueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/index.-htm. Diunduh 23 Februari 2015.

Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.