Pengembangan Modul Pembelajaran Bilangan Berbasis Tematik Saintifik

Main Article Content

I Ketut Suastika

Abstract

Fokus penelitian ini adalah mengembangkan produk yang berupa modul pembelajaran bilangan berbasis tematik saintifik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Metode pengembangan pada penelitian ini adalah development study dengan tahapan penelitian mengikuti Plomp (2007) yaitu: (1) Preliminary research, (2) Prototyping stage, (3) Summative evaluation. Kevalidan modul ditinjau dari isi dan konstruknya. Kevalidan modul ini ditentukan oleh validator. Modul yang sudah dinyatakan valid, kemudian dilakukan ujicoba di kelas untuk menentukan kepraktisan dan keefektifannya. Kepraktisan modul ditinjau dari hasil pengamatan tentang keterlaksanaan modul, sedangkan keefektifannya ditinjau dari penguasaan bahan ajar, dan respon peserta didik terhadap modul. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan.

Article Details

How to Cite
Suastika, I. K. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Bilangan Berbasis Tematik Saintifik. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 24–32. https://doi.org/10.21067/jip.v8i1.2177
Section
Articles

References

Aditia, M.T.& Muspiroh, N. 2013. Pengembangan Modul Pembeljaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat dan Islam (Salingtematis) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X di SMA NU Lemahabang Kabupaten Cirebon. Jurnal Scientiae Educatia, Vol 2. Edisi 2. 2013.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013: Matematika SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud
Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Nasional. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Mbulu, J. 2001. Pengajaran Individual. Malang. Yayasan Elang Emas.
Neeveen., N., Folmer, E. 2007. Educational Design Research. Dalam Plomp, T.&Neeven, N. (Eds), Formative Evaluation in Educational Design Research. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23 – 26, 2007.
Nilasari, E, Djatmika, E.T., dan Santoso, A. 2016. Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Vol 1. No. 7 . halaman 1399-1404

Nurnaini, A. 2013. Pengaruh Media Pembelajaran Modul Terhadap Pencapaian Kompetensi Membuat Pola Dasar di SMKN 4 Yogyakarta. (Online) Tersedia di eprints.uny.ac.id/10369/1/Jurnal.pdf
Permendikbud no 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Plomp, T. 2007. Educational Design Research. Dalam Plomp, T.&Neeven, N. (Eds), Educational Design Research: An Introduction. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23 – 26, 2007.

Shofan, M., Sa’dijah., dan Slamet. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Bilangan Bulat Dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas IV SD/MI (online). Tersedia di jurnal-online.um.ac.id/data /.../artikelF98A0F2A4C247D519F011A66CF2F1F22.pdf