Jurnal Inspirasi Pendidikan http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi en-US The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions umiati_jawas@unikama.ac.id (Umiati Jawas) jip@unikama.ac.id (Ludovikus Bomans Wadu) Wed, 05 Sep 2018 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Fisika http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2632 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan kemampuan <em>technological pedagogical content knowledge (TPACK)</em> pada mahasiswa calon guru fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru fisika yang berjumlah 10 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian perangkat pembelajaran, lembar observasi, angket dan lembar wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil positif. Mahasiswa menganggap bahwa melalui pembelajaran Strategi Belajar Mengajar Fisika kemampuan <em>TPACK</em> mahasiswa meningkat. Dari penelitian ini juga dapat disimpulkan perlu adanya penelitian lanjutan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan TPACK mahasiswa calon guru.</p> Supriyadi Supriyadi, Syamsul Bahri, Richard S Waremra ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2632 Tue, 04 Sep 2018 01:08:19 +0000 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2635 <p>Kemampuan pemecahan masalah merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis <em>Discovery Learning</em>. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp, yang terdiri dari tahap pendahuluan, tahap pengembangan atau prototipying, dan tahap penilaian. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah evaluasi formatif untuk mengembangkan dan menilai instrumen. Setelah melewati proses revisi sesuai penilaian dan saran validator, diperoleh bahan ajar matematika berbasis <em>discovery learning</em> yang valid dari segi isi dan konstruk. Bahan ajar ini juga praktis dalam kemudah penggunaan dan sesuai waktu yang diberikan. Selain itu, bahan ajar ini efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.</p> Sherlyane Hendri, Ary Kiswanto Kenedi ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2635 Wed, 05 Sep 2018 01:04:50 +0000 Model Polya Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume Di Sekolah Dasar http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2520 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar pada materi soal cerita volume dengan menggunakan model pembelajaran Polya. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang dipakai berupa lembar observasi dan soal. Hasil penelitian ini adalah 1) Pada siklus I rencana pelaksanaan pembelajaran mendapatkan skor 62% dengan kategori kurang namun mengalami kenaikan pada siklus II dengan mendapatkan skor sebesar 86% dengan kategori baik, 2) Pengamatan pada aktivitas guru siklus I mendapatkan persentase skor 62% kategori kurang dan meningkat pada siklus II dengan persentase skor adalah 95% dengan kategori sangat baik, 3) Pengamatan pada aktivitas siswa siklus I mendapatkan persentase skor 52% dengan ketegori sangat kategori kurang siklus II meningkat dengan persentase skor 98% dengan ketagori sangat baik, 3) Pengamatan pada aspek hasil belajar mengalami peningkatan yaitu pada siklus I mendapatkan persentase skor yaitu 54,61% dengan kategori sangat kurang dan pada siklus II mendapatkan skor sebesar 85% dengan kategori baik. Dari hal ini disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan dalam keempat aspek yaitu aspek RPP, guru, siswa dan hasil belajar. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa model Polya cocok digunakan pada pembelajaran soal cerita di sekolah dasar.</p> Yetti Ariani, Ary Kiswanto Kenedi ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2520 Wed, 05 Sep 2018 00:00:00 +0000 Kajian Pendidikan Karakter Berbasis Religi dalam Menangani Problematika Kenakalan Anak SDN Gadang 1 Malang http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2639 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter berbasis religi sebagai upaya guru dalam menangani problematika kenakalan anak di Sekolah Dasar Negeri Gadang 1 Malang, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Studi Kasus. Subjek penelitian adalah siswa, guru kelas I sampai VI, guru pelajaran pendidikan agama Islam, Kristen, dan Budha, serta kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, <em>display</em> data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis religi melalui pengembangan diri dan budaya sekolah di SDN Gadang 1 Malang cukup baik dan berhasil dijalankan melalui kegiatan rutin, spontan, keteladanan guru, pembimbingan, pendekatan, perhatian intensif pada siswa, dan pengkondisian sekolah yang berupaya dalam menangani problematika kenakalan anak agar semakin menurun. Hasil penelitian menjadi bahan kajian dalam pendidikan karakter yang lebih baik lagi.</p> Prihatin Sulistyawati, Vera Hayatun Sunnah, Dwi Agus Setiawan ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2639 Wed, 05 Sep 2018 01:52:20 +0000 Studi Respon Siswa SMP Terhadap Levels Of Inquiry Model Pada Pembelajaran IPA http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2640 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran levels of inquiry model pada pembelajaran IPA secara keseluruhan dan berdasarkan setiap aspeknya. Terdapat sembilan aspek yang terkait dengan respon siswa pada terhadap Levels of Inquiry Model. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran informasi mengenai subjek penelitian. Respon siswa diukur mengunakan Skala Guttman dengan jumlah pertanyaan sebanyak 9 soal. Selain menggunakan kuesioner, penelitian ini juga menggunakan instrumen wawancara terstruktur. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam peneitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VII tahun ajaran 2014/2015 di SMP Laboratorium Percontohan UPI Bandung. Sampel dari penelitian ini adalah salah satu kelas VII yaitu kelas VII C. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kuantitatif dapat dikatakan bahwa hampir semua siswa (86,7%)&nbsp; menyukai pembelajaran yang dilakukan dengan model levels of inquiry dengan berbagai alasan, seperti dapat lebih aktif belajar, menyenangkan, lebih memahami materi yang disajikan, menemukan konsep sendiri dan menjadi lebih bersemangat. Hal ini menunjukkan bahwa siswa siap belajar karena telah biasa melakukan pembelajaran <em>levels of inquiry</em> dan memiliki motivasi yang tinggi untuk melaksanakan pembelajarannya.</p> Novia Novia, Riandi Riandi, Noor Novianawati ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2640 Wed, 05 Sep 2018 01:49:51 +0000 Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa SD: Brain Based Learning (BBL) dan Problem Based Learning (PBL) http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2641 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran BBL dan PBL. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD sejumlah 56 siswa dengan instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis dengan analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran BBL lebih tinggi daripada yang menggunakan model PBL ditunjukkan dengan nilai rata rata 83 untuk model pembelajaran BBL dan 69 untuk moddel pembelajaran PBL ditunjukkan dengan nilai t hitung &gt; t tabel (5,139&gt;2,003) dan taraf signifikasi 0,000 yang nilainya lebih besar dari 0,05 (0,000&lt;0,05) (sig 0,05). BBL menyediakan pembelajaran yang membuat lebih rileks yang dipadukan dengan kegiatan pembelajaran berbasis masalah, ketika pembelajaran dilakukan secara rileks, penuh arti dan secara aktif &nbsp;maka otak akan bekerja lebih optimal sehingga siswa merasa lebih nyaman dan termotivasi di kelas.</p> Farida Nur Kumala, Karvita Firdayani, Muhammad Nur Hudha ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2641 Wed, 05 Sep 2018 01:59:32 +0000 Mendidik Warga Negara Indonesia Di Sekolah Dasar: Perspektif Guru http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2643 <p>Penelitian ini berangkat dari kebutuhan data kontekstual mengenai sejauh mana pelaksanaan pembelajaran PPKn, perspektif guru pada materi PPKn dan prospek pengembangan materi PPKn pada tingkat sekolah dasar berdasarkan revisi kurikulum 2013 pada tahun 2016. Data tersebut dibutuhkan dalam rangka pengembangan konten materi perkuliahan di tingkat pendidikan sarjana, khususnya bagi program studi PGSD. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif melalui metodologi penelitian Grounded theory, penelitian ini menelusuri, memetakan dan menganalisis data terkait materi PPKn SD, khususnya persepsi dan implementasi pembelajaran guru yang mengacu pada materi PPKn di tingkat Sekolah Dasar. Hasil penelitian memberi gambaran mengenai perspektif guru terhadap konten materi PPKn di Kurikulum Nasional revisi 2016, ini sebagai media dan strategi paling relevan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap nilai, moral, kecakapan hidup bermasyarakat nantinya. Sehingga, rekomendasi untuk konten materi perkuliahan ke-PKn-an di PGSD juga harus berorientasi pada pemenuhan akan pendalaman pada ketiga hal tersebut.</p> Fauzi Abdillah ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2643 Wed, 05 Sep 2018 01:48:37 +0000 Pengaruh Teknik Tiru Model Berbasis Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Memproduksi Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2642 <p>Penelitian ini bertujuan untuk <em>Pertama</em>, mendeskripsikan tingkat keterampilan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang sebelum diterapkan teknik Tiru Model berbasis model <em>Problem Based Learning</em>. <em>Kedua,</em> mendeskripsikan tingkat keterampilan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang sesudah diterapkan teknik Tiru Model berbasis model <em>Problem Based Learning</em>. <em>Ketiga,</em> menganalisis pengaruh penerapan teknik Tiru Model berbasis model <em>Problem Based Learning</em> terhadap keterampilan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode deskriptif analisis. Desain penelitian ini adalah <em>pre-test and post-testone group design</em>. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017 sebanyak 442 siswa. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas X TKJ-1 yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut ini. <em>Pertama</em>, keterampilan memproduksi teks negosiasi sebelum diterapkan teknik Tiru Model berbasis model <em>Problem Based Learning</em> berada pada kualifikasi <em>“cukup”</em> (63,06). <em>Kedua</em>, keterampilan memproduksi teks negosiasi sesudah diterapkan teknik Tiru Model berbasis model <em>Problem Based Learning</em> berada pada kualifikasi <em>“lebih dari cukup”</em> (75,66). <em>Ketiga</em>, terdapat pengaruh penerapan teknik Tiru Model berbasis model <em>Problem Based Learning</em> terhadap keterampilan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang setelah dilakukan uji-t pada taraf 0,95, diperoleh t<sub>hitung</sub>&gt; t<sub>tabel </sub>atau 5,36&gt;1,75.Jadi dapat dikatakan bahwa H<sub>o</sub> ditolak dan H<sub>i</sub> diterim</p> Bunga Febrimora, Mimi Silvia ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2642 Wed, 05 Sep 2018 01:58:39 +0000 E-Rubric Kerja Ilmiah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Efektifitas Proses Pembelajaran http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2644 <p>Rubrik merupakan suatu perangkat penilaian yang cocok digunakan dalam penilaian bertingkat dan bertahap. Pengembangan e-rubric kerja ilmiah dengan menggunakan model inkuiri sangat cocok untuk mengatasi efisiensi proses penilaian kerja ilmiah siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi <em>e-rubric</em> sangat efektif dalam menilai kerja ilmiah siswa selama proses pembelajaran berlangsung.</p> Muhammad Nur Hudha, Sudi Dul Aji, Yohana Susana Wolla Baga, Arief Rahman Hakim ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2644 Wed, 05 Sep 2018 01:54:31 +0000 Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2647 <p>Perkembangan teknologi yang semakin mempengaruhi tingkah laku manusia, mulai dari cara berkomunikasi hingga cara mengajar di kelas. Realitanya masih banyak guru yang kesulitan menggunakan teknologi, menjadikan pembelajaran kurang dapat mengkonkretkan materi. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengembangkan media interaktif berasis <em>Ispring</em>, 2) mendeskripsikan kelayakan dari media interaktif berbasis <em>Ispring</em>, 3) mendeskripsikan kepraktisan media interaktif berbasis <em>Ispring</em>. Metode yang digunakan mengadaptasi dari model ADDIE dengan empat tahapan yaitu: analisis, desain, pengembangan dan implementasi. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SDN Ciptomulyo 3. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif layak untuk digunakan. Penilaian oleh ahli media mendapatkan presentase 85%. Penilaian oleh ahli materi mendapatkan presentase 94%. Penilaian oleh calon pengguna mendapatkan presentase 93%. Penilaian hasil respon siswa pada ujicoba lapangan terbatas mendapatkan presentase 93%. Berdasarkan paparan hasil penilaian tersebut, media interaktif “Layak” atau “Sangat Baik” untuk digunakan sebagai media pembelajaran.</p> Nury Yuniasih, Ririn Nur Aini, Retno Widowati ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2647 Thu, 06 Sep 2018 04:26:07 +0000