Jurnal Inspirasi Pendidikan http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi en-US The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions umiati_jawas@unikama.ac.id (Umiati Jawas) jip@unikama.ac.id (Ludovikus Bomans Wadu) Thu, 31 Jan 2019 08:56:05 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peran Self-Efficacy Dan Iklim Kelas Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Universitas Timor – Kefamenanu http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2824 <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar peran self-efficacy dan iklim kelas terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa Universitas Timor. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Timor. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random dan pengumpulan data menggunakan skala iklim kelas, skala self-efficacy dan skala motivasi berprestasi. Analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas alat ukur dan analisis uji hipotesis. Uji validitas terhadap skala iklim kelas yang terdiri dari 75 aitem, 32 aitem gugur dan 43 aitem yang valid diperoleh nilai reliabilitas 0,920. Pada skala self-efficacy berjumlah 95 aitem, 26 aitem diantaranya gugur dan 69 aitem yang valid memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,929. Skala motivasi berprestasi yang terdiri dari 45 aitem, 12 aitem gugur dan 33 aitem yang valid memiliki nilai reliabilitas 0,814. Hasil penelitian diperoleh nilai F sebesar 17,729 lebih besar dari F tabel (3,04), dengan nilai probabilitas (p &lt; 0,05), yang menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel self-efficacy dan iklim kelas berperan terhadap motivasi berprestasi. Nilai R (sumbangan efektif) sebesar 0,384 yang berarti 38,4 % variansi motivasi berprestasi secara bersama-sama dipengaruhi oleh self-efficacy dan iklim kelas.</p> Elisabeth - Kristanti, Yohanes P. V. Mambur ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2824 Thu, 31 Jan 2019 00:00:00 +0000 Kolaborasi Peta Indonesia dan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2923 <p>Penggunaan media Peta Indonesia dan model pembelajaran TGT yang melibatkan siswa sebagai tutor sebaya mudah diterapkan tanpa ada perbedaan antara siswa yang pandai atau kurang, dimana kolaborasi ini dikemas dalam permainan agar menjadi pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Hasil observasi menunjukkan proses pembelajaran terjadi searah sehingga siswa lebih asyik bergurau daripada belajar. Dari kenyataan&nbsp; ini menyebabkan hasil belajar siswa cenderung rendah. Terbukti hanya 39,28% dari 28 siswa&nbsp; yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 61,11% nilainya dibawah KKM 75.Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan &nbsp;hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Al Hikmah. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Islam Al Hikmah. Subjek dalam penelitian &nbsp;terdiri dari 28 siswa. Nilai hasil belajar siswa kelas IV pada siklus I menunjukkan siswa yang tuntas 21 siswa dengan presentase 75%, sedangkan pada siklus II menunjukkan siswa yang tuntas 24 siswa dengan presentase 85%. Hasil dari penelitian ini dapat &nbsp;disimpulkan bahwa penggunaan Peta Indonesia dan &nbsp;model <em>pembelajaran TGT </em>&nbsp;dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Al Hikmah Gadang Malang.</p> Siti Halimatus Sakdiyah, Triwahyudianto Triwahyudianto, Harun Harun ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2923 Thu, 31 Jan 2019 08:14:54 +0000 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2826 <p>Tujuan penelitian pengembangan bahan ajar CD interaktif berbasis <em>power point </em>untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan meliputi: Analisis kebutuhan, Penentuan SK, KD dan <em>Story Board, </em>pengembangan pembelajaran SD dan media pembelajaran SD, telaah pakar, uji coba danproduksi CD interaktif. Subyek Uji coba untuk skala kecil pada penelitian ini adalah siswa. Sekolah Dasar Negeri 10 Kenerak kelas IV sejumlah 8 siswa sebagai pengguna media pembelajaran yang telah disusun. Sedangkan subyek Uji coba untuk skala lapangan adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri 03 Semitau kelas IV sejumlah 10 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, yaitu dengan menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes pada skala terbatas dan skala lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis CD interaktif <em>power point</em> pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV SDN 10 Kenerak tahun pelajaran 2017/2018 dapat dilihat dari skor yang diperoleh yaitu sebesar 63% siswa pada uji coba skala terbatas memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM ≥ 75). Sedangkan skor yang diperoleh pada uji coba skala lapangan yaitu sebesar 100% sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM ≥ 75). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar CD interaktif berbasis <em>power point </em>pada uji skala terbatas dan uji skala lapangan dapat meningkatkatkan hasil belajar siswa.</p> Warkintin Warkintin, Yohanes Berkhamas Mulyadi ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2826 Thu, 31 Jan 2019 08:05:00 +0000 The Teknik Modeling Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Grief Remaja Pasca Kematian Orangtua http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2822 <table width="604"> <tbody> <tr> <td width="454"> <p>Perilaku <em>grief </em>merupakan respon emosional terhadap kehilangan seseorang melalui kematian merupakan penderitaan emosional yang kuat serta mendalam dan dapat diekspresikan dengan berbagai cara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik <em>modeling </em>yang efektif untuk mengurangi perilaku <em>grief </em>siswa. Desain penelitian ini menggunakan metode <em>Educational research and development, </em>dengan jumlah sampel sebanyak 10 siswa. Model bimbingan kelompok dengan teknik <em>modeling </em>adalah layanan bimbingan yang diberikan secara kelompok dengan mengaktifkan dinamika kelompok melalui model. Model yang digunakan adalah <em>Live Model</em> dan <em>Symbolic Model.</em> Hasil uji coba lapangan menunjukan tingkat perilaku <em>grief </em>siswa mengalami penurunan. Tingkat perilaku <em>grief </em>siswa sebelum bimbingan kelompok adalah 66,5% dan setelah bimbingan kelompok menurun menjadi 45,69%. Terjadi penurunan sebesar 20,81%. Penurunan tersebut terjadi pada semua aspek perilai <em>grief. </em>Ini berarti model layanan bimbingan kelompok dengan teknik <em>modeling </em>efektif untuk mengurangi perilaku <em>grief </em>siswa.</p> <p>&nbsp;</p> </td> </tr> </tbody> </table> Lolang Maria Masi, Christmas Prasetia Ate ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2822 Sun, 03 Feb 2019 13:36:23 +0000 Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2904 <p><strong><em>Abstract</em></strong><em>.</em>This study aims to describe political education through learning civic education to increase the political awareness of students of Kelam Permai 1 High School, Sintang District. This type of research is descriptive, with a qualitative approach. Research subjects were determined by purposive sampling technique. The subject of this study consisted of the Principal, Classroom Teacher, PKn Subject Teacher, Tutor OSIS Teacher, OSIS Chairman and member of Pramuka. Data collection in this study was carried out by observation, indepth interviews and documentation. Data analysis techniques were carried out by data reduction, categorization, display / presentation, and conclusion. The results of this study indicate that to increase students' political awareness, political education is needed through PKn learning. The form of political education through Civics learning in the classroom is role playing, discussion, learning various sources. The benefits of this research are the increased political awareness of students expressed in attitude, good deeds, critical and responsible in carrying out school activities.<em>&nbsp;</em><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Political education,</em> <em>Student learning, Student political awareness</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendidikan politik melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan kesadaran politik siswa SMA Negeri 1 Kelam Permai, Kabupaten Sintang.Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik <em>purposive sampling. </em>Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Wali Kelas, Guru Mata Pelajaran PKn,Pembina OSIS, Ketua OSIS dan anggota Pramuka. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, kategorisasi, <em>display</em>/penyajian, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kesadaran politik siswa, dibutuhkan pendidikan politik melalui pembelajaran PKn. Bentuk pendidikan politik melalui pembelajaran PKn di kelas adalah bermain peran, diskusi, pembelajaran berbagai sumber.Manfaat penelitian ini&nbsp; adalah meningkatnya kesadaran politik siswa yang terekspresi dalam sikap, perbuatan yang baik, kritis dan bertanggungjawab dalam melaksanakan kegiatan sekolah.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Pendidikan politik, Pembelajaran PKn, Kesadaran Politik</p> Yohanes Berkhmas Mulyadi, Anyan Anyan ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2904 Sun, 03 Feb 2019 15:26:09 +0000